ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH WONOGIRI

RISMAURI , NOVITA ALINDA (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100060116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF
B100060116.pdf

Download (182kB)

Abstract

Peneliti meneliti tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri. Tujuan dalam riset ini adalah untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang diterapkan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri, meliputi tangible (bukti fisik), reliability (keterandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data kuesioner, wawancara, dan dokumentasi perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden. Pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan peneliti menentukan ciri atau kriteria tertentu dari sampel yang akan dipilih. Dari data yang diperoleh melalui kuesioner maka dilakukan analisis regresi liner berganda dengan menggunakan program SPSS 15,00 for Windows. Berdasarkan hasil penghitungan dan analisis, maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan yang meliputi tangible (bukti fisik), reliability (keterandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) terhadap kepuasan pada . Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Wonogiri. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t, dengan menggunakan level of significance 5% (0,05), n = k-2 (n = 100) sehingga diketahui ttab = 1,984. Hasil dari uji t diperoleh tangible (bukti fisik) untuk thit = 2,409, reliability (keterandalan) thit = 11,763, responsiveness (daya tanggap) thit = 2,441, assurance (jaminan) thit = 2,315 dan empathy (empati) thit = 3,250, hasil tersebut menunjukan bahwa thit > ttab. Sementara berdasarkan hasil uji F dengan level of significance 5% (0,05) diketahui Ftab = 2,21 dan Fhit = 757,221 hal tersebut menunjukan Fhit > Ftab. Dari kelima variabel kualitas pelayanan yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen adalah reliabilitas atau keandalan. Pengaruh variabel tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5), terhadap kepuasan konumen (Y), secara parsial signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: angible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Jul 2010 08:41
Last Modified: 14 Nov 2010 21:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item