Wahyuningtyas , Siska Tri (2010) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100050152.pdf Download (152kB) |
|
PDF
F100050152.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
Abstract
Dukungan keluarga merupakan hal yang dibutuhkan siswa dalam meningkatkan hasil atau prestasi belajarnya. Karena keluarga adalah faktor penting bagi individu. Dukungan yang diberikan keluarga kepada siswa antara lain meliputi perhatian emosi, bantuan instrumental, bantuan informasi, dan penilaian. Sehingga siswa akan mendapatkan rasa semangat dalam proses belajarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa. Semakin tinggi dukungan keluarga, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Begitu sebaliknya semakin rendah dukungan keluarga maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa, dengan sampel penelitian berjumlah 67 siswa. Cara atau teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penentuan subjek penelitian yaitu cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala dukungan keluarga dengan aspek yang digunakan yaitu: perhatian emosi, bentuan instrumental, bantuan informasi, dan penilaian. Prestasi belajar menggunakan dokumentasi berupa raport. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,323 dengan p<0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian memiliki tingkat dukungan keluarga yang tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 104,597 dan rerata hipotetik sebesar 82,5. Prestasi belajar subjek tergolong sedang dengan rerata empirik sebesar 69,224. Sumbangan efektif dukungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 10,5% yang berarti masih terdapat 89,5% faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar di luar variabel dukungan keluarga. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa. Semakin tinggi dukungan keluarga dengan rerata empirik sebesar 104,597 dan rerata hipotetik sebesar 82,5 maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa dengan rerata empirik sebesar 69,224. Dari analisis diketahui bahwa ada sumbangan efektif dukungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 10,5% diartikan bahwa masih terdapat 89.5% faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di luar variabel dukungan keluarga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dukungan keluarga, prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 05 Jul 2010 08:47 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 21:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8029 |
Actions (login required)
View Item |