PERBEDAAN KEPUASAN PELANGGAN ANTARA PEMAKAI TELEPPON SELULER (PONSEL) NOKIA DENGAN SONY ERICSSON

SETYOWATI , MURNI (2010) PERBEDAAN KEPUASAN PELANGGAN ANTARA PEMAKAI TELEPPON SELULER (PONSEL) NOKIA DENGAN SONY ERICSSON. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050145.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
F100050145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Salah satu kebutuhan komunikasi manusia yang sangat penting saat ini adalah handphone. Hampir setiap orang memiliki handphone, semakin tingginya kebutuhan manusia akan alat komunikasi akan semakin meningkatkan perusahaan untuk dapat menciptakan berbagai model dari berbagai merek guna menarik konsumen. Agar perusahaan tetap bertahan dan tetap disenangi oleh konsumen, perusahaan selalu meningkatkan hasil produk handphone-nya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Saat ini merek handphone Nokia dan Sony Ericsson merupakan merek yang paling banyak penggemarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan kepuasan pelanggan pada mahasiswa antara telepon seluler (ponsel) Nokia dengan Sony Ericsson; 2) untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan antara pemakai telepon seluler (ponsel) Nokia dengan Sony Ericsson. Hipotesis yang diajukan: Terdapat perbedaan kepuasan pelanggan antara pemakai telepon seluler (ponsel) Nokia dengan Sony Ericsson. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive non random sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UMS angkatan 2008-2009 dan 2009-2010 yang berjumlah 166 orang (50 orang untuk try out dan 116 orang untuk penelitian, terdiri dari 63 pemakai Nokia dan 53 pemakai Sony Ericsson). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Kepuasan Pelanggan. Metode analisis data menggunakan uji t-test. Hasil analisis menggunakan t-test diperoleh nilai uji-t antar A(A1-A2)= 5,083; p= 0,000 (p < 0,01). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada perbedaan yang sangat signifikan rerata variabel kepuasan pelanggan antara pemakai telepon seluler (ponsel) Nokia dengan Sony Ericsson. Artinya variabel pemakai telepon seluler (ponsel) dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi variabel kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel kepuasan pelanggan pemakai telepon seluler (ponsel) Nokia mempunyai rerata empirik sebesar 122,762 dan rerata hipotetik sebesar 107,5 yang berarti kepuasan pelanggan pemakai telepon seluler (ponsel) Nokia tergolong tinggi. Sedangkan kepuasan pelanggan pemakai telepon seluler (ponsel) Sony Ericsson mempunyai rerata empirik sebesar 108,604 dan rerata hipotetik sebesar 107,5 yang artinya kepuasan pelanggan pemakai telepon seluler (ponsel) pemakai Sony Ericsson tergolong sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan pelanggan pemakai telepon seluler (ponsel) Nokia lebih tinggi dibandingkan pemakai telepon seluler (ponsel) Sony Ericsson.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pelanggan, pemakai telepon seluler Nokia dan Sony Ericsson
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 05 Jul 2010 08:39
Last Modified: 14 Nov 2010 21:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8025

Actions (login required)

View Item View Item