Nurrochmah , Indhyra Hennifa (2010) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN ETOS KERJA PADA KARYAWAN PT (PERSERO) ASURANSI JIAWASRAYA SEMARANG TIMUR BRANCH OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100050128.pdf Download (165kB) |
|
PDF
F100050128.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
Abstract
Pimpinan selalu berharap etos kerja karyawan selalu meningkat dan karyawan berharap memperoleh hasil kerja yang maksimal, gaji yang sesuai, adanya kesempatan promosi sehingga karyawan dapat berkembang, dan rekan kerja yang dapat diajak untuk bekerja sama. Sehingga hal ini akan menyebabkan etos kerja karyawan menjadi tinggi. Etos kerja yang tinggi akan menguntungkan sumber daya manusia yang ada dan perusahaan dalam kesuksesan mengembangkan usaha. Tujuan penelitian ini antara lain untuk: 1) Mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan etos kerja; 2) Mengukur tingkat kepuasan kerja karyawan.; 3) Mengukur tingkat etos kerja karyawan.; 4) Mengetahui sumbangan efektif dari pengaruh kepuasan kerja terhadap etos kerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kepuasan kerja dengan etos kerja karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada bagian agen pada PT (Persero) Asuransi Jiwasraya Branch Office. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan studi populasi dikarenakan jumlah populasi yang sedikit dengan karakteristik yang terbatas yang seluruhnya berjumlah 40 karyawan. Berdasarkan hasil analisis data, hubungan antara variabel kepuasan kerja dengan etos kerja karyawan adalah hubungan positif yang sangat signifikan ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) = 0,723 dengan p=0,000 (p<0,01). Ada korelasi positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan etos kerja karyawan, hal ini berarti hipotesis diterima. Artinya variabel kepuasan kerja dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi etos kerja karyawan. semakin tinggi kepuasan kerja, maka semakin tinggi etos kerja karyawan. Sebaliknya semakin rendah kepuasan kerja karyawan, maka semakin rendah tingkat etos kerja karyawan. sumbangan efektif kepuasan kerja dengan etos kerja adalah 52,3%. Hal ini berarti masih terdapat 47,7% faktor-faktor lain yang mempengaruhi etos kerja di luar variabel kepuasan kerja seperti persepsi terhadap gaya pimpinan, desain organisasi, perilaku kelompok, minat, konflik antar kelompok, dan kekuasaan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etos kerja, kepuasan kerja, asuransi jiwasraya, branc office |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 05 Jul 2010 08:16 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 22:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8015 |
Actions (login required)
View Item |