Perbedaan Kompetensi Guru Berdasarkan Status Kepegawaian dan Sekolah dalam Lingkungan Pendidikan SMU Di Wilayah Sukoharjo

SINAGA, INDA RAHMAWATI (2010) Perbedaan Kompetensi Guru Berdasarkan Status Kepegawaian dan Sekolah dalam Lingkungan Pendidikan SMU Di Wilayah Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050054.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
F100050054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)

Abstract

Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan dan memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Profesionalisme guru sering dikaitkan dengan tiga faktor yang cukup penting, yaitu kompetensi, sertifikasi, dan tunjangan profesi. Tujuan ini dimaksudkan untuk mengetahui untuk mengetahui: (1) perbedaan kinerja individual antara guru honorer dan guru pegawai negeri dalam Lingkungan Pendidikan SMU di Wilayah Sukoharjo dan (2) perbedaan kinerja individual antara guru di sekolah swasta dan negeri dalam Lingkungan Pendidikan SMU di Wilayah Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian studi populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMU Negeri 3 Sukoharjo berjumlah 38 guru dan guru SMU Muhammadiyah 1 Sukoharjo berjumlah 24 guru. Status guru pegawai negeri sebanyak 38 guru dan status honorer sebanyak 19 guru. Metode pengumpulan data dilakukan dengan skala psikologi yaitu skala kompetensi guru. Analisis data menggunakan teknik analisis anava dua jalur. Alasannya menggunakan anava dua jalur karena mencari perbedaan pada dua variabel bebas, sedangkan masing-masing variabel bebasnya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok status kepegawaian dan status sekolah Kesimpulan hasil penelitian, yaitu (1) ada perbedaan antara pegawai negeri dengan honorer terhadap kinerja individual guru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil melalui hasil anava dua jalur diperoleh hasil Fbeda = 4,028 dengan p = 0,047 (p < 0,05) dan (2) Ada perbedaan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri terhadap kinerja individual guru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Fbeda = 2,734 dengan p = 0,044 (p > 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, status kepegawaian, pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 02 Jul 2010 08:33
Last Modified: 14 Nov 2010 22:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item