ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Studi Pada Mahasiswa FE UMS Surakarta)

HASMORO , HENDRO TRI (2010) ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Studi Pada Mahasiswa FE UMS Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100060053.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
B100060053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan diantara perusahaan-perusahaan otomotif sepeda motor di Indonesia semakin ketat seiring dengan banyaknya merek-merek sepeda motor yang bermunculan di pasar dalam negeri. Salah satu merek sepeda motor yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat dan konsumen sepeda motor di Indonesia adalah sepeda motor merek Honda. Dalam usaha untuk mendorong konsumen untuk melakukan pembelian, suatu perusahaan dalam hal ini perusahaan otomotif sepeda motor, lazim menggunakan berbagai strategi promosi salah satunya adalah melalui media iklan, media iklan merupakan sarana yang dirasa efektif untuk menarik konsumen untuk melakukan pembelian hal itu karena melalui media televise para pengiklan dapat lebih berkreasi melalui berbagai macam iklan seperti televisi, majalah, radio dan sebagainya untuk membuat iklan yang kreatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan sepeda motor merek Honda baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui media iklan yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda oleh konsumen. Dalam melakukan penelitian tersebut, diambil 100 responden sebagai sampel dari populasi 2434 responden yang terdiri dari mahasiswa FE UMS. Metode pengambilan sampel dengan kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi antara quota sampling dan incidental sampling dimana sampel dipilih berdasarkan ciri-ciri tertentu dengan jumlah atau kuota yang diinginkan dan sampel diambil dari siapa saja yang kebetulan ada. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel media iklan terhadap keputusan membeli konsumen maka digunakan analisis regresi linier berganda, uji-F dan uji-T digunakan untuk mengetahui signifikan-tidaknya hubungan antara variabel-variabel media iklan terhadap keputusan membeli konsumen baik secara serentak maupun parsial. Berdasarkan analisis dengan analisis regresi linier berganda diperoleh pengaruh yang positif variabel-variabel media iklan terhadap variabel keputusan membeli konsumen baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Dari uji-F diperoleh hubungan yang signifikan antara variabel-variabel media iklan terhadap variabel keputusan membeli konsumen, sedangkan uji-T menunjukkan variabel televisi, surat kabar, dan spanduk berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen sedangkan majalah, reklame dan radio tidak punya pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh iklan, konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Jul 2010 08:07
Last Modified: 14 Nov 2010 22:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item