PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA TERHADAP JASA PELAYANAN NASABAH PADA KANTOR CABANG PERUM PEGADAIAN DI DELANGGU

YULIAZHARI , YURISSA RITMADHANTI (2010) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA TERHADAP JASA PELAYANAN NASABAH PADA KANTOR CABANG PERUM PEGADAIAN DI DELANGGU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100060024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF
B100060024.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran jasa terhadap kualitas jasa yang diharapkan dari Perum Pegadaian Delanggu dan untuk mengetahui strategi pemasaran jasa terhadap kualitas jasa yang diterima Perum Pegadaian Delanggu serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan antara strategi pemasaran nasabah pria dan wanita dan berdasarkan tingkat pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat digunakan sebagai masukan serta dapat diperoleh manfaat bagi Perum Pegadaian Delanggu dalam menentukan kebijaksanaan yang sesuai dalam melayani nasabahnya. Untuk menjawab hipotesis dalam penelitian digunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuesioner skala likert untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi tentang fenomena sosial dari Perum Pegadaian Delanggu, dengan sampel 40 dan populasi dalam penelitian ini nasabah Perum Pegadaian Delanggu yang memanfaatkan produk jasa gadai menggadai barang berharga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa diferensiasi kompetitif (X1) diperoleh nilai thitung = -0,117 > -2,028 sehingga variabel diferensiasi kompetitif tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan nasabah Perum Pegadaian Delanggu. Kualitas jasa (X2) diperoleh thitung = 2,547 > 2,028 sehingga variabel kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan nasabah Perum Pegadaian Delanggu. Pengelolaan produktifitas (X3) diperoleh thitung = 1,316 < 2,028 sehingga variabel pengelolaan produktifitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan nasabah Perum Pegadaian Delanggu. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 36,488 > 2,68 sehingga variabel diferensiasi kompetitif, pengelolaan kualitas jasa dan pengelolaan produktifitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan nasabah Perum Pegadaian Delanggu. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,512 berarti bahwa variabel diferensiasi kompetitif, kualitas jasa dan pengelolaan produktifitas dapat menjelaskan tentang penyebab naik turunnya kepuasan pelayanan nasabah Perum Pegadaian Delanggu sebesar 51,2% sedangkan sisanya sebesar 48,8% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain diluar model penelitian. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kualitas jasa variabel yang mempunyai nilai koefisien beta lebih besar jika dibandingkan dengan diferensiasi kompetitif dan pengelolaan produktifitas jasa yaitu sebesar 0,669. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kualitas jasa merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan Perum Pegadaian Delanggu dibandingkan dengan diferensiasi kompetitif dan pengelolaan produktifitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi kompetitif, Kualitas jasa, Pengelolaan produktifitas, Kepuasan pelayanan nasabah.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 29 Jun 2010 08:24
Last Modified: 14 Nov 2010 23:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7897

Actions (login required)

View Item View Item