Fauzi, Aris Riski and -, Dr. Muhammad Musiyam, M.T.P (2019) Pengembangan Buku Pengayaan Geografi Pada Materi Perubahan Iklim Global Kelas X Sebagai Dasar Pengetahuan Bencana Di SMA Negeri Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (675kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (291kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRACT Aris Riski Fauzi, PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN GEOGRAFI PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM GLOBAL KELAS X SEBAGAI DASAR PENGETAHUAN BENCANA DI SMA NEGERI COLOMADU. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. September, 2019. Hasil penilaian produk akhir oleh responden penelitian memiliki nilai 4,61 dan termasuk katagori “BAIK”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Mengetahui model pengembangan buku pengayaan berwawasan kebencanaan yang dibutuhkan, dan 2) efektifitas buku pengayaan berwawasan kebencanaan meteri perubahan iklim global. Model pengembangan buku pengayaan mengadopsi rancangan pengembangan oleh Borg dan Gall. Desain penelitian menggunakan Pre-test-Post-test Control Group Design dengan jumlah responden 32 siswa di kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas kontrol di SMA Negeri Colomadu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T (ttest). Perbedaan hasil pemahaman responden terhadap materi perubahan iklim global saat Pre-test dan Post-test mengalami peningkatan nilai rata-rata 26,4. Nilai rata-rata prates adalah 54,01 meningkat menjadi 80,4. Hasil uji (t-test) data prates dan pascates menunjukkan nilai signifikan0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terjadi signifikan perbedaan antara Pre-test dan Post-test maka, buku pengayaan/produk yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran geografi. Kata kunci: pengembangan, buku pengayaan, bencana, perubahan iklim global. viii ABSTRACT Aris Riski Fauzi, PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN GEOGRAFI PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM GLOBAL KELAS X SEBAGAI DASAR PENGETAHUAN BENCANA DI SMA NEGERI COLOMADU. Thesis. Teacher Training and Education Faculty, Muhammadiyah University Surakarta. September, 2019. The result of the final product assessmenthe t by the research respondents have 4,61 value and include “GOOD” category. The research aims to find out 1) The development model of insighful disaster enrichment books which needed, and 2) The effectiveness of global climate change material disaster on enrichment books. The development model of enrichment books adopted by Borg and Gall book the development plan. The research design user Pre-test Post-test control group desaign with 32 respondens in the experimental class and 34 students in the control class at Colomadu high school. The data anlysis technique uses T test. The difference in the results of respendents understanding of global climate change material during pre-test and post-test experiences an increase 26,4 in the average value. The average pre-test score was 50,01increased to 80,4. The result of the T-test showed a significant value of 000 < 0,5 with the result that H0 is rejected and H1 is accepted so there is a significant difference between pre-test and post-test, then the enrichment books or the products developed are declared effective in the learning process of geography subjects. Keywords: development, enrichment book, disaster, global climate change.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: development, enrichment book, disaster, global climate change. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ARIS RISKI FAUZI |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 00:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 00:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/78789 |
Actions (login required)
View Item |