Prianto, Andika (2008) ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DAN LABA PENJUALAN PADA CV. BUMI PUTRA DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040094.pdf Download (176kB) |
|
PDF
B100040094.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian tentang pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan dan laba penjualan ini adalah: 1) untuk mengetahui hubungan antara produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi, 2) untuk mengetahui pengaruh antara strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan, 3) untuk mengetahui pengaruh langsung antara strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan, 4) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung antara strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap laba penjualan, dan 5) untuk mengetahui pengaruh volume penjualan terhadap laba penjualan. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pemikiran bagi perusahaan untuk menentukan kebijakan pengelolaan manajemen pemasaran terutama yang berhubungan dengan volume penjualan dan masalah faktor strategi pemasaran yang mempengaruhi volume penjualan dan laba penjualan pada CV. Bumi Putra. Pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan dan laba penjualan, yang mana untuk mengetahui adanya pengaruh tersebut dilakukan dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah laporan keuangan CV. Bumi Putra, sedangkan sampel penelitian adalah laporan keuangan CV. Bumi Putra pada tahun 2000-2007. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa biaya produksi, harga dan biaya distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan dan volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba penjualan. Berdasarkan direct effect, indirect effect, dan total effect, biaya produksi, harga, biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh langsung terhadap volume penjualan. Sedangkan biaya produksi, harga, biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh secara tidak langsung terhadap laba penjualan melewati volume penjualan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produksi, Harga, Promosi, Distribusi, Volume penjualan, Laba penjualan. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Jan 2009 03:39 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 05:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/785 |
Actions (login required)
View Item |