RIMADHONI, ENI RETNO (2010) LEMBAGA KEUANGAN MIKRO STUDI TENTANG KREDIT MACET DI PD. BPR BKK PLUPUH SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
C100050092.pdf Download (110kB) |
|
PDF
C100050092.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
Abstract
Lembaga keuangan mikro merupakan penyediaan layanan keuangan untuk masyarakat berpendapatan rendah termasuk pedagang kecil, pedagang kaki lima, petani kecil, penjual jasa (penata rambut, penarik becak), tukan dan produsen kecil. Klien-klien ini sering dikelompokkan sebagai usaha mikro dan kecil (UMK). Sebagai salah satu lembaga penyedia jasa keuangan, maka Lembaga Keuangan Mikro tidak terlepas dari risiko di dalam pemberian kredit.. Resiko itu munculnya kredit bermasalah (non performing loan) sebagai akibat tidak dapat dipenuhinya kewajiban-kewajiban debitur dalam pelunasan kredit tersebut. Hal ini dapat terjadi karena dalam penyaluran kreditnya, maka Lembaga Keuangan Mikro kurang atau mungkin tidak didasarkan pada study kelayakan (feasibility study) dalam menilai calon debiturnya, dasamping faktor-faktor lainya yang dapat menyebabkan munculnya kredit bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pengambilan kredit pada PD. BPR BKK Plupuh Sragen, mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kredit macet PD.BPR BKK plupuh Sragen dan mengetahui problem dan langkah penyelesaian yang ditempuh pihak BPR-BKK plupuh Sragen dalam rangka penyelesaian terjadinya kredit macet Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis karena masalah yang akan diteliti berkaitan antara faktor yuridis terhadap faktor sosiologis. Penelitian ini termasuk penelitian yuridis sosiologis yang bertujuan melakukan pambahasan tentang faktor-faktor penyebab dan upaya penyelesaian kredit macet di BPR-BKK Plupuh Sragen. Lokasi penelitian di BPR-BKK Plupuh Sragen. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, metode sampling, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa ddalam pemberian yang dilakukan oleh PD. BPR BKK Plupuh Sragen terdapat berbagai tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh nasabah di dalam mengajukan permohonan kreditnya antara lain adalah pemohon mengisi formulir permohonan kredit, menyerahkan berbagai dokumen-dokumen yang diperlukan di dalam perjanjian kredit, kemudian dilakukan peninjauan usaha terhadap usaha dari pemohon dan apabila disetujui maka perjanjian kredit dapat dilaksanakan antara pemohon dengan pihak PD. BPR BKK Plupuh Sragen. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kredit macet PD.BPR BKK plupuh Sragen antara lain kelemahan bank dalam melakukan analisis, pendapatan dari nasabah yang rendah, itikad nasabah, kegagalan usaha dari nasabah dan pihak nasabah kurang jujur di dalam memberikan informasi sehingga petugas tidak bisa melakukan analisa dengan valid. Problem dan langkah penyelesaian yang ditempuh pihak BPR-BKK Plupuh Sragen dalam rangka penyelesaian terjadinya kredit macet Timbulnya Kerugian antara yaitu di dalam mengatasi timbulnyaa kerugian maka dilakukan pengawasan, mengatasi masalah kurang lengkapnya administrasi maka dibuatkan brosur dan bila terjadi wanprestasi diselesaikan musyawarah atau negoisasi, kalau tidak bisa terlaksana diserahkan ke Pengadilan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAGA KEUANGAN MIKRO, KREDIT MACET |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2010 03:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 23:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7848 |
Actions (login required)
View Item |