Representasi Nasionalisme Indonesia dalam Kemasan Mooie Indie

Abdul Aziz, Luthfi and , Dr. Fajar Junaedi, S.Sos, M.Si and , Rina Sari Kusuma, M.I.Kom and , Yudha Wirawanda, MA (2019) Representasi Nasionalisme Indonesia dalam Kemasan Mooie Indie. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
sk publikasi lutpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah format perpus Luthfi Abdul A..pdf

Download (1MB)

Abstract

Dji Sam Soe “Mahakarya” merupakan salah satu iklan rokok Indonesia yang mengangkat tema nasionalisme. Dji Sam Soe “Mahakarya” memberikan pesan nasionalisme untuk terus mencintai negeri sendiri, yakni Indonesia. Iklan tersebut mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mencintai negeri ini di tengah derasnya laju modernisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui representasi identitas nasional dalam iklan rokok Dji Sam Soe “Mahakarya”. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Analisis data berupa pengidentifikasian tanda, pemahaman, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua bentuk makna representasi dalam iklan Dji Sam Soe “Mahakarya”, yakni representasi nasionalisme dalam kemasan Mooie Indie dan representasi inklusi budaya daerah Bali. Representasi identitas nasional dalam Mooie Indie ditunjukkan dalam aspek kecintaan terhadap tanah kelahiran. Kecintaan terhadap tanah kelahiran divisualisasikan negara Indonesia. Wujudnya berupa mencintai negara sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: representasi, identitas nasionalisme Indonesia, rokok Dji Sam Soe “Mahakarya”
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: LUTHFI ABDUL AZIZ
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:50
Last Modified: 09 Oct 2019 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77904

Actions (login required)

View Item View Item