PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. SARI WARNA TEKSTIL SURAKARTA

NASUTION , ANDY (2010) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. SARI WARNA TEKSTIL SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100050208.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
B100050208.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dimensi kualitas produk (durability, performance, conformace to specification, aesthetics) secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen; (2) Untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan PT. Sari Warna Tekstil Surakarta Periode Tahun 2009. Sampel penelitian sebanyak 50 responden dengan pengambilan sampel dilakukan secara random acak, sehingga semua anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi anggota sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji t, uji F dan R2. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pernyataan hipotesis bahwa diduga ada pengaruh variabel durability, performance, conformance to specifications, aesthetics secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen terbukti kebenarannya, dibuktikan melalui uji t atau uji parsial dengan nilai thitung variabel durability = 4,372; performance = 2,354; conformance to specifications = 2,127, aesthetics = 2,648 pada taraf signifikansi 5% dengan tingkat signifikansi 0,000; 0,023; 0,039; 0,011. Sedangkan dengan uji F atau simultan variabel durability, performance, conformance to specifications, aesthetics secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan nilai Fhitung = 62,440, signifikan 5% dengan tingkat signifikansi 0,000. Pernyataan hipotesis kedua yang menyatakan diduga variabel durability mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen terbukti kebenarannya, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang paling besar dari keempat variabel tersebut adalah variabel durability yaitu sebesar 0,452. Untuk mengetahui besarnya sumbangan penelitian dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,834 atau 83,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel durability, performance, conformance to specifications, aesthetics terhadap kepuasan konsumen sebesar 83,4% sedangkan sisanya 16,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Jun 2010 09:16
Last Modified: 15 Nov 2010 00:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7720

Actions (login required)

View Item View Item