PENGARUH CITRA PRODUK KOSMETIK LA TULIPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswi UMS)

Mardani, Theresya (2008) PENGARUH CITRA PRODUK KOSMETIK LA TULIPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswi UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040068.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
B100040068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)

Abstract

Strategi pemasaran diharapkan mampu meningkatkan minat beli dari para konsumen, banyak sekali orang yang menggunakan produk kecantikan, dengan alasan ingin berpenampilan supaya lebih menarik. Penilaian secara umum dikalangan para mahasiswi atau kaum perempuan terhadap suatu citra produk kecantikan adalah dilihat dari segi reputasi merek, harga produk, kualitas dari produk dan kemasan yang ditampilkan, sehingga dari keempat sisi tersebut faktor yang penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra produk kosmetik La Tulipe yang terdiri dari merek, harga, kualitas dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian mahasiswi UMS dan mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya. Adapun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh persamaan Y = 3,456 + 0,244 X1 - 0,118 X2 + 0,688 X3 + 0,032 X4 + e. Dapat diinterpretasikan bahwa variabel merek (X1), variabel kualitas (X3) dan variabel kemasan (X4) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel harga (X2) berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t diperoleh: (1) X1 dengan t hitung = 3,500 maka variabel merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. (2) X2 dengan thitung = -2,319 maka variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. (3) X3 dengan thitung = 10,119 maka variabel kualitas berpengaruh positif dan signifikan serta merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. (4) X4 dengan thitung = 0,802 maka variabel kemasan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis yang diajukan tidak terbukti kebenarannya. Hasil uji F diperoleh nilai 198,859 menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel independen yang terdiri dari merek, harga dan kualitas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: merek, harga, kualitas, kemasan, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jan 2009 02:46
Last Modified: 09 May 2011 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item