PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK FURNITURE PADA CV. MANGGALA JAVA ART DI KLATEN

JUMADI , JUMADI (2010) PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK FURNITURE PADA CV. MANGGALA JAVA ART DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100050159.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
PDF
B100050159.pdf

Download (183kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) Menganalisis pengaruh variabel promosi yang terdiri dari periklanan, personel selling, dan promosi penjualan terhadap volume penjualan produk furniture pada CV. Manggala Java Art di Klaten; 2) Menganalisis variabel promosi yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap peningkatan volume penjualan produk furniture pada CV. Manggala Java Art di Klaten.Penelitian ini dilakukan di CV. Manggala Java Art di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang langsung diambil dari sumber dokumentasi kemudian disalin oleh peneliti yaitu dari CV. Manggala Java Art di Klaten yang berupa data tahunan yang dibagi dalam triwulan mengenai biaya periklanan, biaya personal selling, biaya promosi penjualan dan volume penjualan selama 5 (lima) tahun yaitu antara tahun 2004-2008 pada CV. Manggala Java Art di Klaten. Teknik pengumpulan yang digunakan dengan observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan diantaranya: uji asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, multikolineritas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil uji t untuk biaya promosi sebesar 2,435 dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai r sebesar 0,036 (r > 0,05), berarti Ho ditolak, jadi variabel biaya periklanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan; biaya promosi penjualan dengan thitung sebesar 2,897 taraf signifikan 0,05 dan nilai r sebesar 0,023 (r > 0,05), berarti Ho ditolak, jadi variabel biaya promosi penjualan mempunyai pengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan; biaya personel selling nilai thitung sebesar 11,255 dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai r sebesar 0,000 (r < 0,05), berarti Ho ditolak, jadi variabel biaya personel selling mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan; (2) Hasil uji t secara keseluruhan diketahui bahwa nilai uji t yang terbesar diperoleh pada variabel biaya personel selling yaitu sebesar 11,255 dengan tingkat signifikansi 0,002, hal ini berarti Ho ditolak, artinya bahwa biaya personel selling mempunyai pengaruh paling dominan dibanding variabel lain terhadap volume penjualan di perusahaan CV. Manggala Java Art di Klaten; (3) Berdasarkan hasil uji F diketahui Fhitung > Ftabel (33,294) dengan nilai r = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan bahwa independent (periklanan, promosi penjualan, dan personel selling) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada perusahaan CV. Manggala Java Art di Klaten; (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,977, artinya bahwa 97,70% variasi perubahan variabel volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel periklanan, promosi penjualan, dan personel selling, sedangkan sisanya yaitu (100 – 97,70%) = 2,30% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk di dalam model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Promosi, Volume Penjualan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Jun 2010 09:31
Last Modified: 15 Nov 2010 01:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7693

Actions (login required)

View Item View Item