HADI , PRASOJO (2010) ANALISIS SWOT UNTUK PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DI PT. GUJATI 59 UTAMA SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
B100040326.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
|
PDF
B100040326.pdf Download (47kB) |
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin maju dan didukung oleh perkembangan teknologi yang serba mutakhir, kehidupan dunia usaha mengalami persaingan yang semakin ketat sebagai suatu perusahaan. Tujuan perusahaan pada umumnya adalah mempertahankan dan mengembangkan usahanya serta berupaya mendapatkan keuntungan yang tinggi demi mendukung tujuan jangka panjang perusahaan. Keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan pada akhirnya dapat meningkatkan perkembangan usahanya yaitu dengan melebarkan sayap perusahaan agar menjadi lebih besar. Untuk memperoleh keuntungan yang maksimal maka perusahaan harus memperhatikan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan meliputi produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang serta untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat pada PT. Gujati 59 Utama Sukoharjo. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui wawancara, studi pustaka dan observasi. Sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, dimana analisis ini akan digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang meliputi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, serta ancaman dan peluang yang dihadapi perusahaan. Alat analisis yang lain adalah Matrik Daya Tarik Industri (MDTI) yang digunakan untuk menentukan posisi unit bisnis strategi yang dimiliki perusahaan. Hasil analisis data diketahui posisi unit bisnis strategi PT. Gujati 59 Utama berada pada posisi tumbuh berdasarkan segmen, selektif, spesialisasi. Hal ini dapat dilihat besarnya total nilai tertimbang dari faktor keberhasilan dalam membangun kekuatan dan mengatasi kelemahan sebesar 3,36 yang berada pada sel medium dan nilai tertimbang dari faktor ancaman dan peluang sebesar 3,01 yang berada pada sel medium. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa PT.Gujati 59 Utama Sukoharjo berada dalam posisi yang tepat, dengan cara perusahaan tetap harus fokus pada strategi yang sudah dijalankan, melakukan diferensiasi produk yang dijual ke pasar. Sedangkan strategi yang sebaiknya dilakukan perusahaan adalah mempertahankan segmen pasar yang ada dan memperluas pasar yang masih potensial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matrik Daya Tarik Industri |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Jun 2010 08:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 01:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7672 |
Actions (login required)
View Item |