MANAJEMEN KURIKULUM MTs MUHAMMADIYAH BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO (Tahun 2009)

PRIHANTO, PRIHANTO (2010) MANAJEMEN KURIKULUM MTs MUHAMMADIYAH BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO (Tahun 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
G000070131.pdf

Download (162kB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sebuah lembaga pendidikan tidak bisa terlepas dari kurikulum. Kurikulum memberikan rancangan pendidikan yang berfungsi memberikan pedoman dalam proses pendidikan. Sebuah kurikulum lembaga pendidikan yang diatur dan dikembangkan dengan baik akan menghasilkan peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. KTSP merupakan bentuk kurikulum yang terbaru yang bentuk operasionalnya dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Blimbing merupakan sebuah sekolah pada tingkat menengah dengan penekanan pada materi pendidikan Agama Islam yang dipadukan dengan materi pendidikan umum serta materi kepondokan. Adapun kurikulum Depag dimaksimalkan dengan materi keagamaan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan MTs Muhammadiyah Blimbing. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Dengan kata lain metode penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada. Penelitian ini tidak menguji hipotesa atau tidak menggunakan hipotesa, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah: Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. Selain itu proses penyusunan kurikulum di MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo meliputi: Penyusunan visi dan misi, penyusunan tujuan pendidikan satuan pendidikan, penyusunan standar isi, penyusunan struktur muatan kurikulum, penyusunan silabus, penyusunan RPP. Permasalahan penelitian ini secara umum adalah bagaimana proses pelaksanaan KTSP di MTs Muhammadiyah Blimbing bila ditinjau dari mekanisme penyusunannya. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan MTs Muhammadiyah Blimbing sesuai dengan berbagai harapan masyarakat perlu dilakukan perbaikan secara terus menerus diberbagai bidang, terutama peningkatan sumber daya manusia terkait dengan pelaksanaan penyusunan kurikulum dan sarana penunjang pembelajaran. Adapun dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi MTs Muhammadiyah Blimbing dalam mengembangkan mutu pendidikan yang didasari dengan penyusunan kurikulum yang sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN, KURIKULUM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Jun 2010 09:18
Last Modified: 15 Nov 2010 01:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item View Item