FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

MURTAQIYAH , SITI (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B200060222.pdf

Download (137kB)
[img] PDF
B200060222.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Tujuan�dalam�penelitian�ini�adalah�untuk�menganalisis�pengaruh�reputasi� auditor,�reputasi� underwriter,�umur�perusahaan,�ukuran�perusahaan,� financial leverage,�dan� return on assets�(ROA)�mempunyai�pengaruh�terhadap� underpricing �pada�perusahaan�yang�melakukan�IPO�(Initial Public Offering)�di� Bursa�Efek�Indonesia.��Penelitian�ini�menggunakan�data�dari�seluruh�perusahaan� yang�terdaftar�di�Bursa�Efek�Indonesia�periode�200352007.�Sampel�yang�diolah� dalam�penelitian�ini�sebanyak�60�perusahaan�yang�melakukan�IPO.�Setelah� dilakukan�seleksi�sampel�ditetapkan�sebanyak�35�perusahaan�yang�dijadikan� sampel�penelitian.�Metode�pengambilan�sampel�menggunakan�purposive sampling� dengan�alat�analisis�menggunakan�regresi�linier�berganda.�Untuk�pengujian� hipotesis�menggunakan�Uji t,�Uji F,�dan�Uji�Koefisien�Determinasi�(R2 ).� Hasil�penelitian�ini�menunjukkan�terjadi�underpricing�dalam�penawaran� saham�perdana.�Pengujian�secara�parsial�(Uji t)�menunjukkan�hanya�variabel� Financial Leverage�yang�mempunyai�pengaruh�signifikan�terhadap�tingkat� underpricing�saham�perdana�pada�perusahaan�yang�melakukan�IPO�(Initial Public Offering)�di�Bursa�Efek�Indonesia.�Sedangkan�variabel�Reputasi�Auditor,� Reputasi� Underwriter,�Umur�Perusahaan,�Ukuran�Perusahaan,�dan� Return on Assets�(ROA)�tidak�mempunyai�pengaruh�signifikan�terhadap�underpricing�pada� perusahaan�yang�melakukan�IPO� (Initial Public Offering)�di�Bursa�Efek� Indonesia.�Pengujian�secara�serentak�(Uji F)�menunjukkan�variabel�Reputasi� Auditor,�Reputasi�Underwriter,�Umur�Perusahaan,�Ukuran�Perusahaan,�Financial Leverage,�dan� Return on Assets�(ROA)�secara�bersama5sama�mempunyai� pengaruh�signifikan�terhadap�underpricing�pada�perusahaan�yang�melakukan�IPO� (Initial Public Offering)�di�Bursa�Efek�Indonesia.�Perhitungan�untuk�nilai� R2 � diperoleh�angka�koefisien�determinasi�yang�disesuaikan�sebesar�0,524.�Hal�ini� berarti�52,4%�variasi�underpricing dijelaskan�oleh�variasi�perubahan�faktor5faktor� Reputasi�Auditor,�Reputasi�Underwriter,�Umur�Perusahaan,�Ukuran�Perusahaan,� Financial Leverage,�dan� Return on Assets�(ROA).�Sementara�sisanya�sebesar� 47,6%��dijelaskan�oleh�faktor5faktor�lain�yang�tidak�ikut�dalam�observasi.��

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Underpricing, IPO (Initial Public Offering).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2010 06:22
Last Modified: 15 Nov 2010 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7615

Actions (login required)

View Item View Item