Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura

Sari, Novita Wulan and -, Muhroji, S.E, M.Si, M.Pd, (2019) Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (658kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi nopiti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) gerakan penguatan pendidikan karakter; 2) karakter yang terbentuk melalui penguatan pendidikan karakter; 3) faktor pendukung dan penghambat yang ada di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura. Teknik pengumpulan data melalui observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan untuk analisis data menggunakan konsep Miles and Hubermen diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menegaskan bahwa 1) gerakan penguatan pendidikan karakter yang ada di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar melalui beberapa cara diantaranya budaya sekolah, integrasi melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler; 2) Terdapat 9 karakter hasil identifikasi yang terbentuk melalui penguatan pendidikan karakter antara lain: religius, disiplin, nasionalisme, jujur, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, peduli sosial dan peduli lingkungan; 3) Beberapa faktor pendukung dalam penguatan pendidikan karakter antara lain: penanaman karakter islami sudah dituangkan dalam visi sekolah, adanya koordinasi antara sekolah dengan orang tua secara berkala serta sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya ialah sekolah kurang dapat memantau perilaku peserta didik ketika sudah berada di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOVITA WULAN SARI
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:45
Last Modified: 14 Aug 2019 07:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76109

Actions (login required)

View Item View Item