Sari, Novita Wulan and -, Muhroji, S.E, M.Si, M.Pd, (2019) Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (658kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi nopiti.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) gerakan penguatan pendidikan karakter; 2) karakter yang terbentuk melalui penguatan pendidikan karakter; 3) faktor pendukung dan penghambat yang ada di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura. Teknik pengumpulan data melalui observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan untuk analisis data menggunakan konsep Miles and Hubermen diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menegaskan bahwa 1) gerakan penguatan pendidikan karakter yang ada di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar melalui beberapa cara diantaranya budaya sekolah, integrasi melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler; 2) Terdapat 9 karakter hasil identifikasi yang terbentuk melalui penguatan pendidikan karakter antara lain: religius, disiplin, nasionalisme, jujur, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, peduli sosial dan peduli lingkungan; 3) Beberapa faktor pendukung dalam penguatan pendidikan karakter antara lain: penanaman karakter islami sudah dituangkan dalam visi sekolah, adanya koordinasi antara sekolah dengan orang tua secara berkala serta sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya ialah sekolah kurang dapat memantau perilaku peserta didik ketika sudah berada di luar lingkungan sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | NOVITA WULAN SARI |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 07:45 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 07:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76109 |
Actions (login required)
View Item |