OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOK DIENES PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 01 KADIPIRO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mardani, Sri (2010) OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOK DIENES PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 01 KADIPIRO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070603.PDF

Download (121kB)
[img] PDF
A510070603.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengoptimalisasi presatsi belajar Matematika dengan menggunakan media Blok Dienes pada siswa kelas III SD Negeri 01 Kadipiro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui cara menerapkan media Blok Dienes dalam pembelajaran Matematika di kelas III SD; (2) mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media pembelajaran Matematika; (3) mengetahui bahwa media Blok Dienes dapat mengoptimalisasi prestasi belajar Matematika siswa kelas III SD. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah prestasi belajar Matematika, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Blok Dienes. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data variabel optimalisasi prestasi belajar Matematika melalui penggunaan media Blok Dienes. Tehnik pengumpulan data digunakan tehnik wawancara, observasi, pencatatan arsip, dan dokumen tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I menunujukkan adanya optimalisasi prestasi belajar Matematika untuk materi nilai tempat, penjumlahan dan pengurangan. Untuk materi nilai tempat nilai rata-rata siswa 71,54 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas 60 sebanyak 95.45%, untuk materi penjumlahan nilai rata-rata siswa 71,95% dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas 60 sebanyak 95.45%. Sedangkan untuk materi pengurangan yang diulang pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Semula nilai rata-rata pada siklus I hanya 59,36 pada akhir siklus II nilai rata-ratanya 72,04 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas 60 sebanyak 95.45%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan media Blok Dienes dapat mengoptimalisasi prestasi belajar Matematika pada siswa kelas III SD Negeri 01 Kadipiro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, belajar, media, Blok Dienes.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2010 05:00
Last Modified: 08 Jun 2012 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item View Item