Jayanti, Erna Dwi (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 DAYU KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A510070600.PDF Download (77kB) |
|
PDF
A510070600.PDF Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : (1) Memaparkan penerapan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika. (2) Meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian yang diukur berdasarkan keaktifan siswa selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 03 Dayu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 03 Dayu. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian yang diukur dari keaktifan siswa selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 03 Dayu dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Kondisi ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus 2
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menghitung, perkalian dan pembagian, kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jun 2010 04:54 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7598 |
Actions (login required)
View Item |