PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

RACHMAWATI , ULFA INDA (2009) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B200060138.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
B200060138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Kecerdasan emosional yang diteliti terdiri dari lima aspek, yaitu, pengenalan diri, pengendalan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei menggunakan data primer dengan kuesioner yang diadopsi dari Rissyo Melandy (2006). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi jurusan akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sedangkan sampelnya adalah mahasiswa akuntansi UMS angkatan tahun 2004, 2005, dan 2006 yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling dan convenience sampling. Hasil pengumpulan data dengan kuesioner diuji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara berurutan yang mempunyai pengaruh signifikan adalah pengendalian diri (0,021), motivasi sebesar (0,002), dan keterampilan sosial (0,035). Pengaruh yang tidak signifikan terjadi pada pengenalan diri (0,685) dan empati (0,904). Hasil uji F diperoleh Fhitung 10,663 lebih besar dari F tabel 2,37, sehingga Ho ditolak sehingga ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Adjusted R2 diperoleh angka sebesar 0,462 yang berarti hanya 46,2% perubahan tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sementara sisanya sebesar 53,8% diterangkan faktor lain yang tidak terobservasi, misalnya faktor tekanan mental, lingkungan pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan diri, Pengendalian diri, Motivasi, Empati, Keterampilan sosial, Pemahaman akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 09:15
Last Modified: 15 Nov 2010 02:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7583

Actions (login required)

View Item View Item