Kepuasan Pemustaka terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2019

Abdilah, Anisa Russitawati and Fatmawati, Ari (2019) Kepuasan Pemustaka terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2019.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (471kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka tehadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kualitas layanan diukur melalui beberapa variabel seperti bukti fisik (tangiables), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan anggota aktif diantaranya mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang terdaftar di Perpustakaan UMS. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan dua metode, untuk mahasiswa pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling. Selain itu, untuk dosen dan tenaga kependidikan pengambilan sampel dilakukan melalui probability sampling. Hasil penelitian ini yaitu: (a) secara keseluruhan dari beberapa variabel kepuasan pemustaka seperti kehandalan (reliability), daya tanggap (responsivenes), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan bukti fisik (tangibles) sudah sesuai dengan harapan pemustaka yang dapat dilihat dari rata-rata jawaban responden yang positif terhadap kualitas layanan perpustakaan UMS. (b) Masih diperlukannya peningkatan kualitas layanan perpustakaan terutama dari segi empati petugas perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka yang dapat dilihat dari nilai skor 586 yang dikategorikan belum sesuai harapan pemustaka. (c) Masih banyak pemustaka dari dosen, karyawan atau tenaga kependidikan belum menggunakan layanan peminjaman online (Online Delivery Circulation) yang dapat dilihat dari 51 responden dosen dan tendik hanya 7 responden yang telah menggunakan layanan tersebut. Sehingga kepuasan pemustaka mengenai layanan peminjaman online (Online Delivery Circulation) ini masih belum sesuai dengan harapan. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menentukan kebijakan layanan Perpustakaan UMS. Kata Kunci: Kepuasan pemustaka, kualitas layanan perpustakaan, perpustakaan perguruan tinggi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pemustaka, kualitas layanan perpustakaan, perpustakaan perguruan tinggi
Depositing User: Users 20233 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:18
Last Modified: 06 Aug 2019 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75271

Actions (login required)

View Item View Item