ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN TELEVISI SABUN MANDI LIFEBUOY VERSI “BERBAGI SEHAT” MENGGUNAKAN EPIC MODEL PADA MAHASISWA S-1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

MUSLIKAH , ANISA (2010) ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN TELEVISI SABUN MANDI LIFEBUOY VERSI “BERBAGI SEHAT” MENGGUNAKAN EPIC MODEL PADA MAHASISWA S-1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100060131.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
B100060131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)

Abstract

Efektifitas Iklan adalah kemampuan suatu iklan untuk menciptakan sikap yang mendukung terhadap suatu produk, dimana pesan suatu iklan dapat terpatri secara mendalam dalam benak konsumen, dan konsumen mencermatinya dengan sudut pandang yang benar. Efektifitas iklan dapat diukur berdasarkan dampak komunikasi dari suatu iklan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi aspek kognitif, emosi, dan konatif konsumen dalam memilih produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklan ditinjau dari dimensi Empathy, Persuassion, Impact, dan Communication iklan sabun mandi Lifebuoy versi “Berbagi Sehat”. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian reliabilitas data, penghitungan rentang skala dan kemudian dihitung rata-rata terbobot tiap dimensi EPIC. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa: (a) Dimensi Empathy berada pada rentang skala efektif dengan skor rata-rata 3,663, (b) Dimensi Persuassion berada pada rentang skala efektif dengan skor rata-rata 3,435, (c) Dimensi Impact berada pada rentang skala efektif dengan skor rata-rata 3,54, (d) Dimensi Communication berada pada rentang skala efektif dengan skor rata-rata 3,681. Berdasarkan pada hasil pengolahan data, dapat dilihat bahwa efektifitas iklan sabun mandi Lifebuoy versi “Berbagi Sehat” berada dalam rentang skala efektif dengan skor rata-rata EPIC Model 3,579.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Iklan, EPIC Model.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Jun 2010 09:13
Last Modified: 15 Nov 2010 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7517

Actions (login required)

View Item View Item