MANAJEMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH GONILAN KARTASURA (Tinjauan Manajemen Berbasis Sekolah)

WAHID, SYAHRUR ROHMAN (2010) MANAJEMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH GONILAN KARTASURA (Tinjauan Manajemen Berbasis Sekolah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
G000070095.pdf

Download (140kB)

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengolah semua sumber daya yang di miliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gonilan adalah salah satu lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar yang saat ini berusaha menjadi pioner di antara sekolah-sekolah di Kelurahan Gonilan. Di antara usaha yang di laksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah mengubah performa pembelajaranya dari standar menjadi pendidikan yang berbasiskan Islam, hal ini didasari dari partisipasi masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas alumnusnya. Dari latar belakang tersebut, permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis sekolah yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gonilan Kartasura serta apa kendala dan upaya untuk mengatasi permasalah tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen yang di terapkan, sudah sesuaikah dengan konsep manajemen berbasis sekolah serta adakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajerialnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode diskriptif komparatif yaitu membuat generalisasi berdasar fakta dan peristiwa selanjutnya hasil dari analisis di bandingkan dengan konsep ilmiyah yang menjadi standar pendekatan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gonilan adalah lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar menggunakan Kurikulum Satuan Tingkat Pelajaran (KTSP) sebagai kurikulum sekolah, kompetensi guru yang ada masih banyak yang kurang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, manajemen kesiswaan berjalan dengan baik karena menggunakan manajemen berbasis sekolah, pengelolaan keuangan kurang adanya koordinasi dengan pihak yayasan, sarana dan prasarana masih kurang layak, hubungan sekolah dengan masyarakat terjalin secara harmonis dan pelayanan khusus yang dilakukan oleh sekolah dilakukan melalui Muhammadiyah Ranting Gonilan lewat pelayanan keagamaan dan kesehatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2010 08:39
Last Modified: 15 Nov 2010 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7482

Actions (login required)

View Item View Item