PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (Think-Pair-Share) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII F SEMESTER II SMP N 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009

WAHYUNI , DWI SRI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (Think-Pair-Share) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII F SEMESTER II SMP N 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050131.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
A420050131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Siswa pasif dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F Semester II SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009 rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode TPS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2008/2009 sebanyak 38 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok yaitu metode observasi dan metode tes, serta metode bantu yaitu catatan lapangan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan statistik kovariansi. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru biologi kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa sebelum tindakan 24,75 (tidak berhasil), Siklus I 25,1 (kurang berhasil), Siklus II 27,25 (cukup berhasil) dan Siklus III 30,15 (berhasil). Aspek kognitif, yaitu anava Fhit (8.07) lebih besar dari pada Ftabel (0.05) (2.88) artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus. t-tes (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0.05) (2.021) dan ttabel (0.01) (2.704), antara sebelum tindakan dengan Siklus I thitung (-6.45) lebih besar daripada ttabel, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II thitung (-41.67) lebih besar daripada ttabel, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III thitung (-36) lebih besar daripada ttabel, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Korelasi, dengan membandingkan nilai rtabel (0.05) (0.312) dan rtabel (0.01) (0.403), antara sebelum tindakan dengan Siklus I rhitung (0.987) lebih besar dari pada rtabel, artinya ada hubungan antara metode TPS dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II rhitung (0.978) lebih besar dari pada rtabel artinya ada hubungan antara metode TPS dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III rhitung (0.983) artinya ada hubungan antara metode TPS dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif model TPS, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 05:46
Last Modified: 15 Nov 2010 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7461

Actions (login required)

View Item View Item