ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA (2009) ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
K100040182.pdf Download (55kB) |
|
PDF
K100040182.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
Abstract
Obat bebas dan obat bebas terbatas merupakan kategori obat yang dapat digunakan masyarakat dalam upaya pengobatan sendiri. Informasi obat 55% di peroleh masyarakat dari iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian iklan obat bebas dan obat bebas terbatas pada media cetak dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas Nomor: 386/Men.Kes/SK/IV/1994. Penelitian ini merupakan penelitian non ekperimental dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari enam media cetak yang beredar di kota Surakarta bulan Februari-April. Data yang didapatkan kemudian di analisis berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas Nomor: 386/Men.Kes/SK/IV/1994. Dari 35 iklan ditemukan 1 iklan (3%) sesuai dan 34 iklan (97%) tidak memenuhi ketentuan. Ketidaksesuaian iklan antara lain: tidak mencantumkan nama zat aktif, tidak mencantumkan nama industri farmasi, tidak mencantumkan nomor pendaftaran, iklan tidak lengkap, iklan tidak mencantumkan anjuran untuk mencari informasi yang tepat kepada tenaga kesehatan, iklan tidak mencantumkan spot yang ditentukan dan iklan tidak sesuai dengan peraturan khusus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | iklan, obat bebas, obat bebas terbatas, media cetak |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 14 Jun 2010 09:15 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 03:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7448 |
Actions (login required)
View Item |