SUHONO, SUHONO (2010) IMPLEMENTASI KURIKULUM AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTA BARAT SURAKARTA A JAWA TENGAH 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
G000070072.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
|
PDF
G000070072.pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAK Pelaksanaan implementasi kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Kotta Barat Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 Kurikulum adalah landasan utama untuk sebagai rel jalannya sebuah lembaga pendidikan, dan juga penyusunan kurikulum ini, melibatkan komite sekolah, kepala sekolah, pendidik serta seluruh komponen yang berkecimpung dalam sekolah. Permasalahan penelitian ini, secara umum adalah bagaimana implementasi kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Surakarta, bila ditinjau dari qoidah DIKDASMEN Muhammadiyah. Manfaat ini adalah dapat memberi kontribusi guna menambah khazanah keislaman, terutama dalam bidang ilmu pendidikan. Selain itu dapat mengembangkan hasil penelitian ini bagi SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Surakarta, agar lebih baik dalam pelaksanaan implementasi kurikulum yang telah ada. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan penelitian lapangan, cara kerja penelitian ini adalah dengan melihat, mengamati proses kegiatan di sekolah. Sumber-sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dewan guru, staf karyawan dan peserta didik SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Surakarta. Pengumpulan data yaitu dengan memakai metode observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan alur penelitian menggunakan alur interaksi, yaitu pengambilan kesimpulan dan di akhiri dengan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kurukulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan di sekolah dasar tersebut meliputi empat hal yaitu; pengembangan program kurikulum, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, kegiatan ekstra kulikuler dalam implementasi kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Dan juga kesiapan sekolah dalam penerapan kurikulum ciri khusus Muhammadiyah dengan didukung oleh manajemen sekolah yang ada, di mana telah ditentukan oleh majelis DIKDASMEN Muhammadiyah. Proses pembelajaran sumber belajar, penilaian berbasis kelas. Tenaga pendidik, sarana dan prasarana yang ada. Dan hambatan-hambatan dalam penerapan kurikulum yang ada, yaitu kurang optimal profesionalisme kinerja guru dan prasarana yang ada. Sehingga segala sesuatunya yang berkaitan dengan implementasi kurikulum dapat diatasi atau dipenuhi, guna tercapainya tujuan yang telah ditentukan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IMPLEMENTASI, KURIKULUM, AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN, PROGRAM KHUSUS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 14 Jun 2010 08:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 03:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7445 |
Actions (login required)
View Item |