ISMAWATI , WAHYU (2009) KEPUASAN PASIEN DITINJAU DARI ORIENTASI KOMUNIKASI DOKTER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100030128.pdf Download (68kB) |
|
|
PDF
F100030128.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu aspek penting dalam pelayanan kesehatan terutama pelayanan dokter. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai kepuasan pasien. Kenyataannya, kepuasan pasien tidak mudah diperoleh. Gaya komunikasi dokter yang berorientasi pada pasien diharapkan dapat mengatasi ketidakpuasan pasien sehingga angka keluhan dan tuntutan malpraktik terhadap dokter dapat diturunkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi komunikasi dari dokter yang dapat menimbulkan kepuasan pada pasien. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan positif antara gaya komunikasi dokter yang berorientasi pada pasien dengan kepuasan pasien”. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pasien poliklinik kebidanan dan penyakit kandungan RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Sampel penelitian diambil secara quota sampling, yaitu dengan menentukan dan membatasi jumlah subjek penelitian terlebih dahulu. Alat pengumpulan data menggunakan skala kepuasan pasien, skala orientasi komunikasi dokter dan observasi check list. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil perhitungan dengan analisis regresi menunjukkan korelasi rxy sebesar 0,783 pada taraf signifikan p < 0,01. Artinya ada hubungan yang positif yang sangat signifikan antara gaya komunikasi dokter yang berorientasi pada pasien dengan kepuasan pasien. Analisis data menunjukkan bahwa gaya komunikasi dokter yang berorientasi pada pasien tergolong tinggi. Hal tersebut ditunjukkan melalui perhitungan yang telah dilakukan yaitu mean empirik sebesar 74,98 dan mean hipotetik sebesar 60, kepuasan pasien tergolong sedang. Hal tersebut ditunjukkan melalui perhitungan yang telah dilakukan yaitu mean empirik sebesar 90,94 dan mean hipotetik sebesar 72,5. Sumbangan efektif gaya komunikasi dokter yang berorientasi pada pasien dengan kepuasan pasien dapat dilihat dari koefisien determinan (Rsquare) sebesar 0,614 atau 61,4% yang berarti masih terdapat 38,6% variabel-variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Gaya komunikasi yang berorientasi pada pasien dapat menimbulkan kepuasan pada pasien”. Ini berarti hipotesis penelitian terbukti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan konsumen |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 14 Jun 2010 08:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 03:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7436 |
Actions (login required)
View Item |