HARTINI , SRI (2006) FAKTOR-FAKTOR STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SE-SALATIGA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
QI00050099.pdf Download (65kB) |
|
PDF
QI00050099.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
Abstract
Kompetensi guru dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, dan diduga faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru dalam pembelajaran tersebut adalah faktor etos kerja, faktor kualifikasi pendidikan, faktor pengalaman mengajar, faktor beban mengajar, faktor kesejahteraan, faktor status kepegawaian, faktor sarana prasarana dan faktor kegiatan MGMP. Masalah penelitian adalah bagaimana keadaan dan pengaruh etos kerja, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, beban mengajar, kesejahteraan, status kepegawaian, sarana prasarana dan kegiatan MGMP secara parsial maupun simultan terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah (1) mengetahui keadaan etos kerja, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, beban mengajar, kesejahteraan, status kepegawaian, sarana prasarana dan kegiatan MGMP secara parsial maupun simultan terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran dan (2) menganalisis distribusi antara etos kerja, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, beban mengajar, kesejahteraan, status kepegawaian, sarana prasarana dan kegiatan MGMP secara parsial maupun simultan terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran. Populasi penelitian semua guru SMP Negeri sekota Salatiga tahun 2006/2007 berjumlah 456 orang dan diambil sampel 209 orang dengan proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket . Data dianalisis dengan analisis regresi linear delapan prediktor. Hasil penelitian (1) ada pengaruh positif antara etos kerja, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, sarana prasarana dan kegiatan MGMP terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran, cukup strategis dan signifikan, dan (2) ada pengaruh negatif antara beban mengajar , kesejahteraan dan status kepegawaian terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran dan cukup strategis serta signifikan, (3) besarnya kontribusi secara simultan 27,20%, sumbangan efektif etos kerja terhadap kompetensi guru 27,18%, sumbangan efektif kualifikasi pendidikan terhadap kompetensi guru 0,0078%, sumbangan efektif pengalaman mengajar terhadap kompetensi guru 0,0008%, sumbangan efektif beban mengajar terhadap kompetensi guru 0,0009%, sumbangan efektif kesejahteraan terhadap kompetensi guru 0,0020%, sumbangan efektif status kepegawaian terhadap kompetensi guru 0,0004%, sumbangan efektif sarana prasarana terhadap kompetensi guru 0,0081%, sumbangan efektif kegiatan MGMP terhadap kompetensi guru 0,0677%, direkomendasikan (1) pembelajaran perlu selalu mengupayakan peningkatan etos kerja, kualifikasi pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, sarana prasarana sekolah dan keaktifan mengikuti kegiatan MGMP, (2) Dalam usaha peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran perlu juga mencarikn solusi bagi beban mengajar guru, kesejahteraan guru dan status kepegawaian guru agar tidak berdampak negatif,menurunkan kompetensi guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor-faktor Strategis, Kompetensi Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 12 Jun 2010 05:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 03:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7418 |
Actions (login required)
View Item |