Sriyami , Sriyami (2007) ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN AKREDITASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN STUDI KASUS DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050186.pdf Download (58kB) |
|
PDF
Q100050186.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan akreditasi sekolah. Mengetahui peningkatan mutu pembelajaran di SMK Widya Praja. Mengetahui kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan akreditasi. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan proses akreditasi sekolah ? Bagaimana mutu pembelajaran di SMK Widya Praja Ungaran? Apa saja faktor kendala dalam pelaksanaan akreditasi sekolah ? sumber informasi didapat dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru, staf Tata Usaha, Siswa. Hasil analisis penelitian ini di dalam pelaksanaan kurikulum dan proses pembelajaran SMK Widya Praja dapat berjalan lancar, dari input melalui tes uji penyaringan masuk dan output melalui tes UANAS yang hasil terendahnya 4.80, tertinggi 8.24. Faktor kendala dalam pelaksanaan akreditasi mengenai biaya, kurang luasnya lokasi dan buku kepustakaan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran, kesiapan menerima kurikulum baru belum banyak dikuasai oleh sebagian guru dan masih terpengaruh pada kurikulum lama. Kendala-kendala tersebut dapat teratasi. Implikasi teori dengan adanya akreditasi sekolah dapat menambah kinerja para tenaga kependidikan dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran di suatu sekolah. Saran bagi penentu kebijakan, perlunya menambah kepustakaan untuk guru, sarana dan prasarana olah raga, internet, perlunya menambah program keahlian baru (Program Keahlian Industri).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akreditasi, Mutu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 12 Jun 2010 04:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7411 |
Actions (login required)
View Item |