PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT UMUM SISMA MEDICA DI KARANGGEDE

YOSI S, MUHAMMAD HENDRA (2009) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT UMUM SISMA MEDICA DI KARANGGEDE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050126.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
B100050126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Sakit Umum Sisma Medica di Karanggede. Dalam penelitian ini digunakan lima macam variabel independen yaitu: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk mengidentifikasi masalah, penelitian ini mengambil tempat di kota Karanggede sebagai obyek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memakai jasa dari Rumah Sakit Umum Sisma Medica. Dalam penelitian ini diambil sampel dengan jumlah 100 responden, dengan alasan pengambian sampel tersebut sudah melebihi batas standar sampel yang baik yaitu diatas 30. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, selain itu peneliti juga menggunakan data sekunder yaitu data yang telah disediakan oleh pihak perusahaan.Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kelima variabel independen (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Kepuasan konsumen). Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu Rumah Sakit Umum Sisma Medica Karanggede dalam melakukan kebijakan-kebijakan perusahaan dengan tepat sehingga dapat menghasilkan situasi kerja yang kondusif dan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan dapat lebih variatif lagi dalam melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan menambah jumlah sampel penelitian sehingga diharapkan akan menghasilkan penelitian yang lebih jelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tangible,Reliability,Responsivenes,Assurance,Empathy dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Jun 2010 03:21
Last Modified: 15 Nov 2010 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7400

Actions (login required)

View Item View Item