Sudibyo, Achmad (2010) PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI PROGRAM INKLUSI SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000040084.pdf Download (532kB) |
|
PDF
G000040084.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Manusia pada hakikatnya diciptakan dalam keadaan terbaik, termulia, tersempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Akan tetapi disamping itu manusia juga memiliki hawa nafsu dan perangai atau sifat tabiat yang buruk, misalnya suka menuruti hawa nafsu, aniaya, membantah dan lain-lain. Sehingga manusia bisa terjerumus pada lembah kenistaan sehingga menjadi serendah-rendahnya makhluk. Mengingat berbagai sifat tersebut, maka diperlukan adanya upaya untuk menjaga agar manusia tetap pada hakekatnya yang pertama yaitu manusia dalam sebaik-baik makhluk "ahsanitaqwim", dan tidak terjerumus ke dalam kehinaan atau ke asfal taqwim seperti yang Allah lukiskan dalam surat At Tin. Di dalam suatu lembaga pendidikan telah di kenal layanan bimbingan dan konseling untuk menjaga peserta didik agar mereka senantiasa dalam kondisi yang baik dan juga untuk membantu perkembangan mereka supaya optimal. Oleh karena itu penulis berusaha meneliti tentang bimbingan dan konseling Islami, dimana dalam hal ini yang menjadi obyek penelitian adalah siswa-siswi di program inklusi SD Al Firdaus Surakarta. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan-permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan BK Islami di program inklusi SD Al Firdaus Surakarta?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan BK Islami di Program Inklusi SD Al Firdaus Surakarta. Dari tujuan tersebut, diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru BK dalam penanganan klien menuju manusia yang kamil yang Islami, dan bagi semua pihak yang berkompeten terhadap BK Pendidikan Islami. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode penentuan subyek yang digunakan adalah metode populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi, dimana dalam menganalisa data menggunakan metode induktif, deduktif serta deskriptif. Dalam penelitian ini diketahui bahwa pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus pada program inklusi SD Al Firdaus Surakarta ini dilaksanakan atas dasar Islam. Karena dalam menangani anak yang berkebutuhan khusus, konselor selalu berusaha bagaimana seorang anak benar-benar menjadi anak yang baik yang tingkah lakunya selaras dengan ajaran Islam dan mempunyai potensi diri dan SDM yang cukup. Misalnya konselor sering mengingatkan anak didik untuk beristighfar ketika berbuat kesalahan, mengajari untuk menghormati guru, orang tua dan orang lain yang lebih tua. Di dalam penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK), satu guru pendamping mendampingi satu siswa . Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa program BK Islami yang dilakukan di program inklusi di SD Al Firdaus Surakarta sangat bagus dan efektif bagi siswanya yang mengalami kesulitan dalam belajar, dengan minimnya angka kenakalan yang terjadi di sekolah dan meningkatnya pengetahuan anak tentang Al Quran dan meningkatnya pula kedewasaan anak sehingga menyadari bahwa dirinya punya kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang murid atau sebagai seorang hamba Allah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN,KONSELING ISLAMI,INKLUSI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 11 Jun 2010 08:43 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7391 |
Actions (login required)
View Item |