ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KARTU SELULER SIMPATI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

PRASETYO, BUDI EKO (2009) ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KARTU SELULER SIMPATI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050135.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
B100050135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah loyalitas konsumen terhadap kartu seluler Simpati pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk mengidentifikasi masalah, penelitian ini mengambil sampel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai obyek penelitian.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan Accidental Quota Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi. Sampel yang digunakan adalah 100 orang responden yang terdiri dari 100 orang Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan analisis Possibility Rate of Transition di pasar. Formula yang digunakan: (Durianto dkk, 2001 : 133). Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan mengenai bagaimana loyalitas konsumen terhadap kartu seluler Simpati, digunakan uji hipotesis analisis Possibility Rate of Transition. Secara umum loyalitas konsumen terhadap kartu seluler Simpati adalah baik atau loyal. Hal ini dapat dilihat dari nilai kemungkinan perpindahan merek (ProT) kartu seluler Simpati adalah (44,62%) dan nilai Atrition Rate adalah (8,62%) yang menunjukan persentase seorang konsumen berpindah ke merek lain yang didapat dari pengurangan nilai ProT dengan nilai persentase yang tidak loyal (percentage of unloyal). Nilai mean aritmatik yang berada pada kategori penilaian interval baik (3,40 – 4,19) untuk semua tingkatan brand loyalty, kecuali untuk tingkatan Switcher (2,825). Tingkatan Satisfied Buyer mempunyai nilai rata-rata hitung tertinggi (4,123) sehingga merupakan tingkatan yang paling baik menurut penilaian konsumen. Dari hasil pengukuran maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Secara umum loyalitas konsumen terhadap kartu seluler Simpati adalah baik atau loyal. Hipotesis yang menyatakan bahwa “Diduga konsumen loyal terhadap kartu selular Simpati dan diduga penilaian konsumen terhadap tingkatan-tingkatan brand loyalty kartu seluler Simpati adalah baik”. Adalah terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan.Brand Loyalty.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Jun 2010 07:54
Last Modified: 23 Nov 2010 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7385

Actions (login required)

View Item View Item