SUNARNO , SUNARNO (2007) STUDI TENTANG PERAN DAN MANFAAT KURIKULUM NON AKADEMIK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DI MI MUHAMMADIYAH KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050074.pdf Download (63kB) |
|
PDF
Q100050074.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang keolahragaan dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar, 2) peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang kesenian dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar, 3) peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang Islam kemuhamadiyahan dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar, 4) peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang keterampilan dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru, dan instruktur jam luar kelas yang diambil dengan cara purposive sampling Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif. Kesimpulan hasil penelitian adalah : (1) Peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang keolahragaan dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar yakni mendorong keberanian dalam mengemukakan pendapat, keberanian dalam mengambil resiko, keberanian dalam kepemimpinan dan keberanian dalam bertoleransi / kemampuan mendengar dengan titik berat pada sikap keberanian dalam kepemimpinan. (2) Peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang kesenian dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar yakni mendorong keberanian dalam mengemukakan pendapat, keberanian dalam mengambil resiko, keberanian dalam kepemimpinan dan keberanian dalam bertoleransi / kemampuan mendengar dengan titik berat pada sikap keberanian dalam mengemukakan pendapat dan kepemimpinan. (3) Peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang Islam kemuhamadiyahan dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar yakni mendorong keberanian dalam mengemukakan pendapat, keberanian dalam mengambil resiko, keberanian dalam kepemimpinan dan keberanian dalam bertoleransi / kemampuan mendengar dengan titik berat pada sikap keberanian dalam mengemukakan pendapat. (4) Peran dan manfaat kurikulum non akademik bidang keterampilan dalam pembentukan sikap siswa MI Muhammadiyah Karanganyar yakni mendorong keberanian dalam mengemukakan pendapat, keberanian dalam mengambil resiko, keberanian dalam kepemimpinan dan keberanian dalam bertoleransi / kemampuan mendengar dengan titik berat pada sikap keberanian dalam mengemukakan pendapat dan kepemimpinan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran, manfaat, kurikulum non akademik, pembentukan sikap |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 11 Jun 2010 07:25 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7380 |
Actions (login required)
View Item |