SUMADI , SUMADI (2007) PENGELOLAAN KOMPONEN KOMPONEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Jumantono). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050073.pdf Download (57kB) |
|
PDF
Q100050073.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan secara kualitatif (1) kemampuan guru dalam pengelolaan komponen –komponen pembelajaran matematika yang meliputi tujuan , bahan , metode dan strategi , media ,dan evaluasi pembelajaran matematika (2) faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan yang meliputi faktor input,proses ,dan faktor output. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif fenomenologi.Sumber data kepala sekolah dan guru matematika SMP Negeri 1 Jumantono serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi langsung,dan analisis dokumen .Pengembangan validitas data digunakan cara trianggulasi,yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode.Data dianalisis dengan tiga komponen analisis yaitu : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini bersifat studi kasus tunggal karena lokasi penelitian hanya difokuskan pada satu tempat dengan menggunakan penalaran dalam mengolah banyak data dari berbagai sumber. Hasil penelitian (1) Kemampuan guru dalam mengelola komponen komponen pembelajaran matematika cukup baik, kemampuan guru dalam mengelola tujuan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan pemahaman konsep,pengetahuan dan penggunaan matematika dalam menyelesaikan masala- masalah kehidupan sehari-hari, guru dalam mengelola bahan pembelajaran maupun materi menggunakan buku paket,buku pendamping, dan lembar kerja siswa , guru dalam mengelola metode dan strategi mengajar menggunakan metode ceramah,tanya jawab,diskusi secara bergantian,penggunaan media pembelajaran yang tersedia belum bisa dimanfaatkan secara maksimal,dan evaluasinya menggunakan evaluasi lisan dilaksanakan pada waktu proses belajar mengajar dan evaluasi tertulis dilaksanakan pada ulangan harian,ulangan tengah semester ,dan ulangan umum semester (2) Peningkatan mutu siswa dalam pembelajaran matematika secara kognitif(pengetahuan)dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dilihat dari hasil NEM yang selalu meningkat khususnya matematika. Kesimpulan peneliti, Kemampuan pengelolaan pembelajaran matematika yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan terlihat pada hasil rata – rata nilai Uan matematika yang tiap tahun semakin meningkat .
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan,Komponen Pembelajaran, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 11 Jun 2010 07:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7379 |
Actions (login required)
View Item |