FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIAAN KONSUMEN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT DI KALURAHAN PABELAN

WIBAWA, YUDA PURNA (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIAAN KONSUMEN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT DI KALURAHAN PABELAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050118.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
B100050118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh faktor kualitas terhadap kesetiaan konsumen; 2) pengaruh harga terhadap kesetiaan konsumen; 3) pengaruh faktor promosi terhadap kesetiaan konsumen; 4) pengaruh faktor saluran distribusi terhadap kesetiaan konsumen; 5) pengaruh faktor kualitas, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap kesetiaan konsumen produk pasta gigi Pepsodent di Kalurahan Pabelan; dan 6) faktor yang paling dominan mempengaruhi kesetiaan konsumen produk pasta gigi pepsodent di Kalurahan Pabelan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Diduga terdapat pengaruh faktor kualitas terhadap kesetiaan konsumen; 2) Diduga terdapat pengaruh faktor harga terhadap kesetiaan konsumen; 3) Diduga terdapat pengaruh faktor promosi terhadap kesetiaan konsumen; 4) Diduga terdapat pengaruh faktor saluran distribusi terhadap kesetiaan konsumen; 5) Diduga faktor kualitas, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh terhadap kesetiaan konsumen; dan 6) Diduga kualitas merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kesetiaan konsumen terhadap produk pasta gigi Pepsodent di kalurahan Pabelan.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pemakai produk pasta gigi merk Pepsodent di kalurahan Pabelan. Sampel diperoleh dari masyarakat Kalurahan Pabelan yang pernah membeli dan telah melakukan pembelian produk pasta gigi merek Pepsodent dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 RT, setiap RT tersebut diambil sebanyak 10 orang, jadi jumlah keseluruhan sampel ada 100 responden. Pengambilan sampel yang digunakan secara random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah: analisis regresi, uji t, uji F, dan R2. Kesimpulan dari hasil penelitian: (1) Hasil analisis regresi berganda diperoleh suatu persamaan: Y = 1,404 + 0,287X1 + 0,314X2 + 0,144X3 + 0,281X4, artinya bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas, harga, distribusi, dan promosi terhadap kesetiaan konsumen; (2) Hasil uji t diketahui nilai thitung variabel kualitas (X1) 5,168, variabel harga (X2) sebesar 4,204, variabel promosi (X3) sebesar 2,027, variabel distribusi (X4) sebesar 3,445 > ttabel = 1,96 (thitung > ttabel), atau nilai probabilitas < 0,05, sehingga terbukti variabel kualitas, harga, promosi, dan distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kesetiaan konsumen; (3) Hasil uji F dengan level of significant sebesar 0,05, diperoleh Fhit 29,841. Ftabel sebesar 0,05 ; 5 ; 100 – 4 – 1 = 2,29 (Fhitung > Ftabel), atau terlihat nilai probabilitas 0,000, dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X4) secara bersama-sama terhadap kesetiaan konsumen; (4) Hasil uji beta dan uji t diketahui bahwa faktor kualitas merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kesetiaan konsumen terhadap produk pasta gigi Pepsodent di kalurahan Pabelan; (5) Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dengan hasil penelitian saat ini, ternyata kualitas, harga, promosi, dan saluran distribusi berpengaruh terhadap kesetiaan konsumen pasta gigi pepsodent. Hal ini berarti bahwa dengan adanya kualitas, harga, promosi, dan saluran distribusi yang baik akan mempengaruhi tingkat kesetiaan konsumen, oleh karena itu hasil penelitian ini konsisten dengan hasil penelitian terdahulu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesetiaan Konsumen, Kualitas, Harga, Distribusi, Promosi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2010 09:20
Last Modified: 15 Nov 2010 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7372

Actions (login required)

View Item View Item