Efektifitas E-Learning dan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Communication Skill pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

Adila, Firda Ayu and , Ahmad Chamsudin, S.T,. M.Eng. and , Ahmad Chamsudin, S.T.,M.Eng (2019) Efektifitas E-Learning dan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Communication Skill pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-63.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (814kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar dan mengajar yang ada di SMK haruslah distandarkan dengan kebutuhan. Model, Metode dan Media pembelajaran harus mendukung penguasaan keterampilan berkomunikasi (Communication Skill). Penelitian bertujuan Untuk mengetahui berapa efektifitas penggunaan E-learning dan Collaborative Learning untuk meningkatkan Communication Skill pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Metode yang digunakan Resaerch and Development (R&D). Validasi media dikategorikan sangat layak dengan rata-rata 82%. Validasi materi dikategorikan sangat layak dengan rata-rata 100%. Validasi soal dikategorikan valid atau layak digunakan dengan kelemahan terdapat banyak soal menggunakan tipe C2. Uji linieritas disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara masing-masing variable bebas (Penggunaan E-front dan Collaborative Learning) dengan Peningkatan Communication Skill. Uji normalitas mendapatkan hasil data penelitian tidak berdistribusi normal, sehingga data termasuk ke dalam statistic non-parametrik dan menggunkan uji Mann-Whitney U mendapatkan hasil bahwa antara kelas penelitian dan kelas kontrol ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan dasar. Uji regresi ganda diperoleh persamaan regresi ganda Y = 129,778 - 0,075 X1 - 0,432 X2. Hasil Uji F tidak ada korelasi yang signifikan antara dua variabel bebas (Penggunaan E-front dan Collaborative Learning) secara bersama-sama tehadap peningkatan Communication Skill. Hasil Uji –t tidak ada korelasi yang signifikan antara Penggunaan E-front terhadap peningkatan Communicatio Skill. Dan ada korelasi yang signifikan antara Collaborative Learning terhadap peningkatan, Communicatio Skill. Sumbangan Efektif (SE) Penggunaan E-front adalah 1% Collaborative Learning adalah 16,9% dan Sumbangan Relatif (SR) adalah 6% Collaborative Learning adalah 94%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Colaborative Learning, Communication Skill, E-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: FIRDA AYU ADILA
Date Deposited: 21 May 2019 03:11
Last Modified: 21 Nov 2019 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/73591

Actions (login required)

View Item View Item