UTAMI , NAFISAH (2010) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI I BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210060128.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF
A210060128.pdf Download (908kB) |
Abstract
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJARAKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI I BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010 Nafisah Utami. A 210 060 128. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga dalam penelitian ini tidak ada sampel dan sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 63,565 + 0,366 X1 + 0,252 X2, artinya prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kedisiplinan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar akuntansi. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kedisiplinan belajar sebesar 4,433, sehingga thitung > ttabel atau 4,433 > 1,992 (α = 0,05); 2) Pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pemanfaatan fasilitas belajar sebesar 3,097, sehingga thitung > ttabel atau 3,097 > 1,992 (α = 0,05); 3) Kedisiplinan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 17,021 > 3,117 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,309, berarti 30,9 % prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar; 5) Sumbangan efektif variabel kedisiplinan belajar (X1) memberikan kontribusi sebesar 20,1 % terhadap prestasi belajar akuntansi, sementara pemanfaatan fasilitas belajar (X2) memberikan kontribusi sebesar 10,8% terhadap prestasi belajar akuntansi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 30,9%, sementara 69,1% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kedisiplinan belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan prestasi belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2010 08:07 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7344 |
Actions (login required)
View Item |