KURNIATI , TYAS WAHYU (2010) PENGARUH KEMAMPUAN PRAKTEK PERBANKAN DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI MENGELOLA ADMINISTRASI KAS BANK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210060063.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF
A210060063.pdf Download (539kB) |
Abstract
PENGARUH KEMAMPUAN PRAKTEK PERBANKAN DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI MENGELOLA ADMINISTRASI KAS BANK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tyas Wahyu Kurniati, A210060063, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan praktek perbankan terhadap prestasi belajar. 2. Untuk mengetahui pengaruh antara frekuensi belajar terhadap prestasi belajar. 3. Untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan praktek perbankan dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar kompetensi mengelola administrasi kas bank pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F), uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif antara kemampuan praktek perbankan terhadap prestasi belajar kompetensi mengelola administrasi kas bank pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. 2) Terdapat pengaruh positif antara frekuensi belajar terhadap prestasi belajar kompetensi mengelola administrasi kas bank pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. 3) Terdapat pengaruh positif antara kemampuan praktek perbankan dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar kompetensi mengelola administrasi kas bank pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Variabel kemampuan praktek perbankan memberikan sumbangan relatif sebesar 45,8% dan sumbangan efektif 16,7%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 54,2% dan sumbangan efektif 19,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel frekuensi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar kompetensi mengelola administrasi bank dibandingkan variabel kemampuan praktek perbankan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kemampuan praktek perbankan, frekuensi belajar dan prestasi belajar kompetensi mengelola administrasi kas bank. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2010 07:48 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7341 |
Actions (login required)
View Item |