JATMIKO , ADI SETYO (2010) ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI FAKTOR PSIKOGRAFIS KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE SOLO SQUARE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210060001.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF
A210060001.pdf Download (84kB) |
Abstract
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI FAKTOR PSIKOGRAFIS KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE SOLO SQUARE Adi Setyo Jatmiko. A 210 060 001. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Solo Square; 2) Untuk mengetahui variabel manakah dari variabel-variabel psikografi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Solo Square; 3) Untuk mengetahui kebijakan pemasaran apa yang harus dikembangkan oleh manajemen Matahari Department Store Solo Square, sehubungan dengan hasil analisis pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif dan dianalisis secara kuantitatif dengan pendekatan non parametrik. Teknik analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda (multiple linear regression method). Analisis didasarkan atas nilai bobot kategori setiap pertanyaan yang menjadi pilihan jawaban responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store Solo Square. Sampel diambil sebanyak 130 orang yang diambil dengan teknik quota random sampling. Data diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan persamaan garis regresi: Y = 1,151 + 0,150X1 + 0,207X2 + 0,065X3. Artinya keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor psikografis konsumen yang meliputi gaya hidup, kepribadian dan faktor demografis konsumen. Berdasarkan persamaan tersebut diatas dapat dijelaskan bahwa: 1) gaya hidup konsumen memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 0,150 (15,00%) dari setiap kenaikan satu satuan nilai gaya hidup konsumen 2) kepribadian konsumen memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 20,7% dari setiap kenaikan satu satuan nilai kepribadian konsumen 3) faktor demografi konsumen memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 6,5% dari setiap kenaikan satu satuan nilai faktor demografi konsumen. 4) faktor psikografis konsumen yang meliputi gaya hidup, kepribadian dan faktor demografis konsumen memberi kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini terbukti dari perhitungan sumbangan efektif yaitu sebesar 17,2%. Berarti terdapat faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Solo Square.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: gaya hidup, kepribadian, demografi, keputusan pembelian konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2010 07:34 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7339 |
Actions (login required)
View Item |