KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KARANGANYAR

HARTATI, SRI (2006) KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050069.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
Q100050069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, diantaranya pengawasan oleh pimpinan yang belum optimal, rendahnya kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja yang belum kondusif. Berbagai leteratur mengemukakan bahwa ada hubungan antara kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja. Dengan latar belakang itulah dalam penelitian ini penulis memilih sejumlah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Karanganyar sebagai obyek penelitian. Dari penelitian tersebut bertujuan antara lain, 1) Mendiskripsikan keadaan supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja; 2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja; 3) Mengetahui kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja. Tujuan dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah diskriptif analisis dengan populasi 81 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN), sampel diambil dengan menggunakan sample random sampling sebanyak 65 guru. Data diambil dengan menggunakan angket dan analisisnya menggunakan regresi berganda dan prediktor. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa, 1) Keadaan supervisi dikategorikan tinggi; 2) Ada pengaruh baik simultan maupun parsial; 3) Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel adalah, supervisi kepala sekolah sebesar b= 0,463, kompetensi guru sebesar b= 0,170, dan kondisi lingkungan kerja sebesar b= 0,634, sehingga variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja guru adalah variabel kondisi lingkungan kerja. Pengaruh kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 56,6%, sedangkan sebesar 43,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, kondisi lingkungan kerja, dan kinerja guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2010 07:09
Last Modified: 15 Nov 2010 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7337

Actions (login required)

View Item View Item