SUBAIDI , SUBAIDI (2006) Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren (Perguruan Islam) Matholi’ul Huda Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050049.pdf Download (132kB) |
|
PDF
Q100050049.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan proses modernisasi sistem pendidikan dalam tubuh perguruan Islam adalah untuk menyempurnakan sistem pendidikan Islam yang ada dalam pesantren. Perubahan yang terlihat adalah sistem pendidikan yang mulai akrab dengan metode ilmiah, lebih terbuka atas perkembangan di luar dirinya, diversifikasi program dan kegiatan, serta sudah dapat berfungsi sebagai pusat pengembangan masyarakat. Dengan fokus penelitian ini adalah “Bagaimana Karakteristik Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren (Perguruan Islam) Matholi’ul Huda Bugel. Tujuan penelitian yaitu untuk mendiskripsikan tentang manajemen pemberdayaan sumber daya manusia yang terdapat di Perguruan Islam Matholi’ul Huda Bugel. Pendekatan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif yang digunakan untuk mengetahui dan memahami perubahan yang terjadi sejak didirikan hingga sekarang, serta pendekatan etnografi untuk mengetahui dan memahami gambaran proses manajemen sumber daya manusia (SDM) yang telah dilaksanakan di Pondok Pesantren (Perguruan Islam) Matholi’ul Huda Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia sebagai usaha untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada sebuah perguruan Islam atau pondok pesantren, dalam rangka melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, memerlukan kerja keras dari semua pihak, termasuk kemampuan memberdayakan sumber daya manusia yang ada sebagai faktor yang terpenting dalam pengelolaan perguruan Islam ataupun pondok pesantren. Saran yang dapat penulis antara lain : (1) Kepada pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional, perlu adanya peraturan atau kebijakan yang berkesinambungan tentang pentingnya manajemen pemberdayaan sumber daya manusia pada pengelolaan lembaga pendidikan. (2) Bagi penentu kebijakan di lembaga-lembaga pendidikan agar benar-benar mmperhatikan serta menyadari tentang pentingnya manajemen pemberdayaan sumber daya manusia. (3) Perlunya mengubah paradigma yang selama ini berlaku tentang arti pentingnya sumber daya manusia dan pengelolaannya yang apa adanya, dengan paradigma bahwa sumber daya manusia adalah penentu keberhasilan oleh karena itu pengelolaannya harus secara professional. (4) Perlu adanya penelitian atau kajian yang berkelanjutan tentang manajemen pemberdayaan sumber daya manusia, agar dapat melahirkan konsep yang tepat tentang pemberdayaan sumber daya manusia di pondok pesantren atau perguruan Islam. (5) Agar dapat melahirkan sistem pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas. Diperlukan sistem pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas pula, maka perlu segera dimulai usaha- usaha pelatihan di bidang pemberdayaan sumber daya manusia (SDM).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TQM, Pemberdayaan, Sumber Daya manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2010 02:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7332 |
Actions (login required)
View Item |