STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENT HAVE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA

NUGROHO , RADITYA ARDI (2010) STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENT HAVE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img]
Preview
PDF
A210050095.pdf

Download (66kB)

Abstract

STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENT HAVE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 Raditya Ardi Nugroho, A 210 050 095, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS Ekonomi yang menggunakan Strategi Pembelajaran Questions Student Have dan Strategi Pembelajaran Jigsaw yang dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana materi pelajaran yang telah disampaikan guru dapat diserap oleh siswa kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Berbagai strategi pembelajaran banyak diaplikasikan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah strategi Questions Students Have dan strategi Jigsaw, yang keduanya bertujuan untuk menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diperoleh prestasi belajar yang lebih baik. Indikator keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat melalui sejauh mana materi pelajaran yang disampaikan guru dapat diserap oleh siswa, dalam hal ini berupa prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai Kelas VIII F, dengan jumlah siswa 240 orang. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan metode random sampling dua kelompok, dimana satu kelas menggunakan strategi Questions Students Have dan satu kelas dengan strategi Jigsaw. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil prestasi belajar siswa melalui metode Questions Students Have lebih besar dari nilai rata-rata hasil prestasi belajar siswa melalui metode Jigsaw yaitu 73,080 > 66,500. Dengan demikian terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan strategi Questions Students Have dengan strategi Jigsaw.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran, Strategi Questions Students Have, Strategi Jigsaw, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 03:48
Last Modified: 15 Nov 2010 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item View Item