PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

YAENURI , AHMAD (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF
A210050029.pdf

Download (48kB)

Abstract

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GATAK SUKOHARJO Ahmad Yaenuri. A 210 050 029. Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi metode pembelajaran kontekstual terhadap peningkatan aktivitas dan kreativitas dalam belajar ekonomi dan perbandingan aktivitas dan kreativitas siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode pendekatan kontekstual Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Gatak tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diamati adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 36 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan pendekatan Contextual learning dapat meningkatkan aktivitas pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2009/2010. Aktivitas siswa meningkat dari 51,7% pada kondisi awal menjadi 68,6% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,2% pada akhir siklus II, dan mencapai 95,3% setelah siklus III. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa kontribusi pendekatan Contextual learning terhadap aktivitas belajar siswa mencapai 43,6%. (2) Pembelajaran dengan pendekatan Contextual learning dapat meningkatkan kreativitas pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2009/2010. Kreativitas siswa meningkat dari 55,8% pada kondisi awal menjadi 78,1% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,7% pada akhir siklus II, dan mencapai 93,1% setelah siklus III. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa kontribusi pendekatan Contextual learning terhadap kreativitas belajar siswa mencapai 37,2%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : contextual learning, aktivitas belajar, kreativitas belajar, penelitian tindakan kelas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 09:01
Last Modified: 15 Nov 2010 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item