ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI TARUBAN I DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN

Sari, Ratna Kurnia (2008) ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI TARUBAN I DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui cara berpikir siswa putera dan puteri kelas III Sekolah Dasar Negeri Taruban I dalam menyelesaikan soalsoal operasi pembagian. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Taruban I tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Instrument tes soal operasi pembagian terdiri dari 10 soal valid dengan koefisien korelasi sebesar r11= 0,88. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur dan digunakan analisis data non statistik. Cara berpikir siswa putera dan puteri SD Negeri Taruban I dalam menyelesaikan soal – soal operasi pembagian menggunakan cara pengurangan berulang. Dari hasil perhitungan diperoleh persentase kesulitan aspek memahami konsep siswa putera sebesar 36, 84 % tergolong rendah dan siswa puteri sebesar 23,33 % tergolong rendah, aspek melakukan perhitungan siswa putera sebesar 47, 89 % tergolong cukup dan siswa puteri sebesar 19,17% tergolong rendah. Dari perolehan masing-masing aspek maka dapat disimpulkan bahwa siswa putera lebih merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi pembagian. Selain hal tersebut diperoleh hasil bahwa bentuk soal operasi pembagian yang memuat bentuk measurement division lebih sulit dikerjakan baik oleh siswa putera maupun siswa puteri dibandingkan dengan bentuk soal operasi pembagian yang memuat partitive division. Dari hasil perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SD Negeri Taruban I dalam menyelesaikan soal-soal operasi pembagian sudah tepat dalam memahami konsep dan melakukan perhitungan, hal tersebut didukung dengan persentase kesulitan siswa dalam memahami konsep dan melakukan perhitungan kurang dari 50%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis,Cara Berpikir Siswa putera dan puteri,Measurement division, Partitive division
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 06 Dec 2008 03:58
Last Modified: 17 Nov 2010 10:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item