MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA

YULIYANTO , YULIYANTO (2006) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040109.pdf

Download (79kB)
[img] PDF
Q100040109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Implementasi Undang-undang Republik Indonesia Nomur 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan dukungan yang signifikan terhadap hak dan kewajiban warga Negara dalam memperoleh pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dimaklumi mengingat pada bab IV Bagian Sesatu pasal 5 ayat 4 mengamanatkan bahwa “ warga Negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus” . Selanjutnya pada Bab V pasal 12 ayat 1 menegaskan bahwa “ setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak : (b) mendapat layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya (f) menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar, bagaimana manajemen penyelenggaraan program akselerasi dalam layanan anak yang memiliki bakat dan kecerdasan luar biasa, dan mengetahui bagaimana keberhasilah prestasi yang dicapai dari siswa peserta program kelas akselerasi di SD Negeri Cemara Dua no.13 Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDN Cemara Dua Surakarta pada program kelas akselerasi. Subyek Penelitian adalah kepala sekolah guru dan siswa kelas akselerasi. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini membutuhkan keterangan- keterangan yang mendalam dan terinci. Peneliti terjun langsung di lapangan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman SDN Cemara Dua Kota Surakarta tentang ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar belum sepenuhnya dipahami substansinya oleh Kepala Sekolah dan guru terutama arah kebijakan dari penyelenggaraan program akselerasi ini. Sekolah hanya melaksanakan perintah penunjukan dari dinas, sehingga manajemen penyelenggaraannya menurut kemampuan pemahaman sekolah berdasarkan buku pedomam yang diberikan dinas. Penyelenggaraan sistem percepatan belajar bagi siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa merupakan satu strategi alternatif yang relevan; disamping bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan potensi siswa, juga untuk mengimbangi kekurangan yang terdapat pada strategi klasikal masal. Pelayanan pendidikan yang berdeferensisi dengan menggunakan kurikulum yang berdiversifikasi dapat diimplementasikan melalui penyelenggaraan sistem percepatan kelas ( akselerasi ). Dengan sistem percepatan kelas, siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa diberi peluang untuk menyelesaikan studi di sekolah dasar dari 6 tahun menjadi 5 tahun, dengan menyelesaikan semua target kurikulum tanpa meloncat kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: management, acceleration, a service for gifted children.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2010 04:57
Last Modified: 15 Nov 2010 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7292

Actions (login required)

View Item View Item