WIDODO, SLAMET (2006) PENGARUH PANGKAT, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN POLA MANAJERIAL KEPALA SD NEGERI TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Penelitian Pada Kepala SD Negeri di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100030050.pdf Download (138kB) |
|
PDF
Q100030050.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia selalu diupayakan oleh Pemerintah dengan berbagai kebijakan perubahan kurikulum secara periodik, penataran tenaga edukatif, pemberian sarana dan prasarana pendidikan, namun hasilnya belum sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Akhir-akhir ini ada wacana bahwa output pendidikan di Indonesia kualitasnya masih rendah dibandingkan dengan output pendidikan di Asia Tenggara. Dengan implementasi MBS diharapkan mutu pendidikan di Indonesia meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pangkat, tingkat pendidikan dan pola manajerial kepala sekolah dasar negeri dengan efektivitas implementasi MBS, serta untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama antara pangkat, tingkat pendidikan, dan pola manajerial kepala sekolah dasar negeri terhadap efektivitas implementasi MBS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pangkat Kepala Sekolah Dasar Negeri terhadap efektivitas implementasi MBS, Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan Kepala Sekolah Dasar Negeri terhadap efektivitas implementasi MBS, untuk mengetahui pengaruh pola manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri terhadap efektivitas implementasi MBS, dan untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh pangkat, tingkat pendidikan, dan pola manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri terhadap efektivitas implementasi MBS. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan program komputer SPSS 10.0 for Windows, disimpulkan bahwa hanya variabel pangkat kepala sekolah dasar negeri Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen berpengaruh terhadap efektivitas dalam implementasi MBS. Terbukti dengan hasil probabilitas thitung yang diperoleh dari hasil penelitian adalah sebesar 0,018 dengan membandingkan nilai a (0,05) probabilitas thitung lebih kecil dari pada nilai a (0,05). Tidak ada pengaruh dari variabel bebas pangkat, tingkat pendidikan dan pola manajerial kepala sekolah dasar negeri terhadap variabel terikat secara serentak terhadap efektivitas dalam implementasi MBS, karena nilai fhitunh sebesar 2,645 dan setelah dibandingkan dengan nilai ftabel sebesar 3,32 ternyata nilai fhitung < ftabel.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Jun 2010 08:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 05:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7286 |
Actions (login required)
View Item |