SUMARDI , SUMARDI (2006) EVALUASI KONDISI LALULINTAS TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN DI RUAS JALAN SOLO- KARANGANYAR SEGMEN PALUR-PAPAHAN DAN ALTERNATIF PENANGANANNYA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
S100030029.pdf Download (147kB) |
|
PDF
S100030029.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
Abstract
Jalan Solo- Karanganyar Segmen Palur-Papahan merupakan arteri primer dari dan ke Kota Kabupaten Karanganyar. Sebagai jalan dengan LHR yang cukup tinggi, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Kondisi tersebut tidak lepas dari manajemen lalulintas yang diterapkan pada ruas jalan tersebut terutama menyangkut median jalan, lampu penerangan dan rambu-rambu. Media jalan sepanjang ruas jalan Palur-Papahan baru terpasang pada tahun 2004. Untuk lampu penerangan dan rambu-rambu pada ruas jalan Palur-Papahan memang sudah terpasang, hanya pada titik-titik rawan belum memadai seperti jumlah lampu dan rambu-rambu yang kurang. Tujuan dari evaluasi kondisi lalulintas Solo-Karanganyar segmen Palur- Papahan diantaranya : (1) mengetahui kondisi lalulintas jalan Solo–Karanganyar segmen Palur-Papahan ditinjau dari angka kecelakaan dan analisa lokasi rawan kecelakaan, (2) mengetahui evaluasi kondisi manajemen lalulintas jalan Solo– Karanganyar segmen Palur-Papahan sebelum dan sesudah pemasangan medan, penerangan dan rambu-rambu terhadap tingkat kecelakaan. Metode yang dipakai dalam hal ini menggunakan diskriptif kuantitatif dari data sekunder dengan menggunakan penelitian LHR, UCL dan Angka Kecelakaan (AK) serta analisa data primer berupa fasilitas jalan dan situasi pada black site dianalisis sesuai dengan parameter yang ada. Hasil yang diperoleh berdasarkan data dan pembahasannya adalah : evaluasi manajemen lalulintas jalan Solo–Karanganyar segmen Palur-Papahan terhadap tingkat kecelakaan lalulintas adalah menurunkan angka kecelakaan lalulintas pada ruas jalan Palur-Papahan. Ruas jalan Palur-Karanganyar memiliki kapasitas yang sangat padat dengan LHR rata-rata dalam tiga tahun terakhir 19.000 kendaran/hari. Berdasarkan hasil perhitungan Upper Control Limit (UCL) titik rawan kecelakaan tertinggi pada ruas Jalan Bremoro-Jaten. Dari tabel perbandingan diketahui bahwa jumlah kejadian kecelakaan pada tahun 2004 lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2002 maupun tahun 2003. Kondisi manajemen lalulintas setelah diteliti dan dianalisis dengan mengacu pada peraturan-peraturan yang berlaku ternyata mempunyai kontribusi terhadap tingkat kecelakaan meliputi median, penerangan dan rambu-rambu. Setelah adanya pemasangan median jalan pada tahun 2004, jumlah kejadian kecelakaan pada ruas jalan Palur-Papahan cenderung mengalami penurunan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kondisi lalulintas, kecelakaan, evaluasi, penanganan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Jun 2010 08:09 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 05:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7281 |
Actions (login required)
View Item |