Alkhakiki, Mochammad Rizqon and , Azhar Alam, SE, LC, M.S.E.I (2019) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-66.pdf Download (649kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (341kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Abstract
Muchammad Rizqon Alkakiki. NIM G000140098. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2019. Tujuan penelitian ini adalah nntuk mengetahui: (a) motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab (b) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab (c) kendala dan solusi guru dalam meningakatkan motivasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dengan mengambil sampel sejumlah 57 siswa menggunakan purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis dan disajikan ke dalam tabel-tabel frekuensi sehingga lebih mudah dimengerti dan dipahami. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab diantaranya: (a) memberikan bimbingan langsung kepada siswa baik melalui individu maupun kelompok (b) menerapkan reward berupa kalimat pujian dan nilai yang bagus serta punishment menghafal kosa kata bahasa Arab (c) menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan mengecek kebersihan kelas, kesiapan buku paket, buku tulis dan alat tulis serta memastikan suasana tenang sebelum dimulainya pelajaran bahasa Arab d) memberikan penilaian bagi siswa yang aktif bertanya dan menjawab seputar materi bahasa Arab.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi Belajar, Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | MOCHAMMAD RIZQON ALKHAKIKI |
Date Deposited: | 11 May 2019 02:41 |
Last Modified: | 11 May 2019 02:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/72660 |
Actions (login required)
View Item |