KHOLID , MUHAMMAD NOOR (2009) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR LINGKARAN SISWA KELAS VIII (D) DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060287.PDF Download (138kB) |
|
PDF
A410060287.PDF Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kartasura tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) motivasi belajar siswa meningkat meliputi aspek; a) siswa yang antusias dalam belajar sebelum pendekatan 29,41% dan diakhir putaran mencapai 64,71%, b) siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum pendekatan 44,12% dan diakhir putaran mencapai 82,35%, c) siswa yag menjawab pertanyaan dari guru sebelum pendekatan sebanyak 8,82% dan diakhir putaran mencapai 32,35%, d) siswa yang menanyakan materi sebelum pendekatan 11,77% dan diakhir putaran mencapai 32,35%, 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum pendekatan sebanyak 2 siswa (5,88%) memiliki nilai ≥ 70 dan diakhir tindakan 25 siswa (73,53%) siswa memiliki nilai ≥ 70. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan prestai belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum teaching, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 02 Jun 2010 09:21 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7260 |
Actions (login required)
View Item |